Home » » BUDAYA HIDUP SEHAT

BUDAYA HIDUP SEHAT

Written By Imam Losaries on Senin, 29 April 2013 | 05.21



BUDAYA HIDUP SEHAT


1.   Pengertian Budaya Hidup Sehat
            Budaya hidup sehat merupakan sebuah konsep kehidupan dengan mengutamakan berbagai kegiatan hidup yang berbasis pada langkah-langkah sehat.
            Pengertian budaya hidup sehat  adalah konsep hidup yang mengedepankan upaya-upaya dan kegiatan-kegiatan hidup yang sehat. Dengan penerapan konsep hidup sehat ini, maka kita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin dapat menyerang tubuh kita.
            Setidaknya dalam hal ini kita secara terus menerus mencoba untuk mensosialisasikan pengertian budaya hidup sehat kepada masyarakat. Hal ini sangat penting sebab salah satu dasar kebahagiaan hidup kita adalah kesehatan tubuh.
            Jika tubuh kita sehat, maka segala kegiatan hidup kita dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya. Dan, hal tersebut hanya dapat kita capai jika pengertian budaya hidup sehat sudah menjadi bagian integral diri kita.
            Kita memang sudah seharusnya membudayakan hidup sehat dalam kehidupan masyarakat kita. Dengan program pembudayaan hidup sehat, maka setidaknya kita dapat membiasakan setiap personal agar hidup sehat. 
            Apalagi untuk keluarga kecil, maka budaya hidup sehat bukanlah sesuatu yang sulit untuk diterapkan. Jika semua anggota keluarga memahami pengertian budaya hidup sehat, maka secara serempak kita dapat menerapkan pola hidup sehat.



2.   Manfaat Hidup Sehat
            Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh seseorang yang telah melakukan dan menerapkan pola hidup sehat yang telah dijelaskan pada artikel lain, yakni :
      1.   Dapat tidur dengan nyenyak
      2.   Dapat bekerja lebih maksimal serta meningkatkan kinerja
      3.   Dapat belajar dengan baik
      4.   Berpikiran positif dan sehat
      5.   Merasa damai, nyaman dan tentram
      6.   Memiliki penampilan yang sehat
      7.   Mendapatkan kehidupan dan interaksi sosial yang baik
      8.   Lebih percaya diri
      9.   Menghemat pengeluaran untuk kesehatan
      10. Terhindar dari penyakit
            Dengan demikian jelas bahwa dengan melakukan pola hidup yang sehat, banyak manfaat yang akan didapat dibandingkan melakukan pola hidup yang salah.

3.   Cara Hidup Sehat
      1.   Udara bersih, paru-paru pun sehat
            Untuk terhindar dari gangguan pernapasan, hiruplah udara yang bersih dan sehat. Bersihkan rumah dan ruangan kerja secara teratur, termasuk perabot, kipas angin dan AC.
      2.   Banyak minum air putih
            Air putih adalah yang terbaik dari minuman apapun. Biasakanlah minum air putih 8-10 gelas per hari. Kebiasaan ini akan membantu menjaga kelancaran fungsi ginjal dan saluran kemih. Upayakan untuk minum air hangat di malam hari dan air sejuk (bukan air es) di siang hari. Tambahkan juga sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Selain baik untuk menyegarkan diri, minuman ini sekaligus membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.
      3.   Konsumsi menu bergizi dan seimbang
            Pilihlah menu dengan gizi yang cukup, seimbang, dan bervariasi. Perbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah yang mengandung banyak serat dan zat gizi yang diperlukan tubuh serat. Sebisa mungkin hindari junk food dan makanan olahan, serta kurangi konsumsi garam dan gula.
      4.   Seimbangkan antara kerja, olahraga dan istirahat
            Biasakan istirahat teratur 7-8 jam pada malam hari, dan jangan sering begadang atau tidur terlalu malam. Cobalah menggunakan waktu senggang untuk berolahraga ringan. Dengan berolahraga 2 - 3 kali per minggu, selama 30 - 45 menit, cukup membuat tubuh bugar dan stamina prima.
      5.   Kontrol kerja otak
            Otak, seperti halnya tubuh kita, dia juga butuh istirahat. Jangan terlalu memberi beban terlalu banyak, karena otak pun memiliki memori yang terbatas. Lakukan kegiatan di waktu senggang yang membuat otak bekerja lebih santai, misalkan melakukan hobi yang menyenangkan, seperti melukis, membaca novel terbaru atau hanya sekedar mendengarkan musik.
      6.   Jalani hidup secara harmonis
            Manusia merupakan mikrokosmos yang harus mematuhi alam sebagai makrokosmos jika ia ingin tetap sehat. Lakukan semua itu sebagai upaya pencegahan dengan selalu mengingat nasihat orang bijak untuk “membuat sumur sebelum timbul rasa haus”.


4.   Menciptakan Lingkungan Hidup Sehat
            Merawat dan menjaga lingkungan sekitar rumah sangatlah penting. Salah satu manfaat lingkungan hidup sehat adalah meningkatkan kualitas kesehatan tubuh Anda sendiri. Anda tertarik untuk menciptakan lingkungan yang sehat? berikut ini adalah tips dan cara menciptakan kebersihan lingkungan.
    Lingkungan hidup sehat adalah lingkungan yang selalu bersih, karena itu Anda harus rutin menjaga kebersihan rumah. Membuang sampah dapur, menyapu dan mengepel lantai rumah secara rutin akan meminimalisir jumlah kuman merugikan yang bisa merusak kesehatan.
    Tak hanya di dalam rumah, lingkungan sekitar rumah pun harus mendapat perhatian. Bersihkan halaman atau taman rumah Anda dari kotoran atau sisa-sisa daun. Lakukan kerja bakti minimal seminggu sekali untuk membersihkan lingkungan rumah, seperti menyapu halaman, membersihkan dan melancarkan aliran got di dekat rumah.
    Lingkungan hidup sehat identik dengan penghijauan di sekitar rumah. Beri tanaman yang cukup di halaman rumah Anda.
    Atur rumah agar memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Udara yang baik dan pasokan cahaya matahari yang cukup di dalam rumah, akan sangat mempengaruhi kesehatan Anda.
    Lingkungan hidup sehat juga tergantung pada air bersih di sekitar rumah Anda. Pastikan bahwa rumah Anda mendapat fasilitas air pam atau air bersih. Anda juga bisa membuat sumur pribadi di rumah Anda sebagai cadangan air bersih.
    Pastikan di depan rumah Anda tersedia tempat sampah untuk menampung sampah yang ada di dalam rumah. Gunakan plastik untuk membungkus sampah Anda agar sampah tidak kocar-kacir dan mengotori area depan rumah.
    Untuk sampah daun, sebaiknya jangan dibakar seperti yang biasa dilakukan kebanyakan orang. Galilah lubang di tanah halaman Anda, lalu pendam sampah daun-daun tersebut. Selain bisa membersihkan, tanah di halaman Anda akan semakin subur dan bermanfaat bagi tanaman-tanaman yang ada.

5.   Hidup Sehat dengan Menjaga Pola Makan

            Para pekerja kantor yang biasa menghabiskan waktunya di dalam ruangan ber AC, tidak perlu lagi kuatir akan hal tersebut. Bahkan saat ini penyejuk ruangan juga berfungsi sebagai alat yang mampu menonaktifkan wabah flu burung seperti yang dimiliki oleh AC merek LG. Bukan hanya tidak menimbulkan penyakit, namun bisa menghindarkan penggunanya dari penyakit.
            Prilaku dan pola hidup merupakan faktor utama dalam menjaga kesehatan. Kalangan kedokteran menghimbau agar pengaruh lingkungan seperti gaya hidup yang mengkonsumsi makanan cepat saji lebih baik dikurangi, untuk menghindari obesitas atau kegemukan karena makanan cepat saji memang membuat segalanya lebih mudah.
            Namun, bahaya kolesterol siap mengancam jika makanan saji menjadi santapan rutin. Oleh karena itu pekerja kantor di kota-kota besar untuk segera mengatur pola makan seimbang, karena setiap 10 detik satu orang meninggal dunia karena komplikasi diabetes.

6.   Pola Hidup Sehat dengan Berolahraga
            Mencegah gangguan kesehatan pada jantung dapat dilakukan pola hidup sehat dengan berolahraga. Olahraga harus dilakukan secara teratur.
      Semua jenis olahraga baik untuk kesehatan. Akan tetapi, untuk kebugaran dan kesehatan jantung lebih baik melakukan olahraga jenis aeorbik yang melibatkan kerja jantung. Berikut ini ada beberapa jenis olahraga aerobik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.
      1.   Jalan Sehat
            Jangan anggap remeh olahraga ini. Jalan sehat memiliki manfaat menjaga kesehatan jantung. Gerakan berjalan yang selalu dinamis memacu organ jantung memompa darah lebih aktif. Luangkan waktu untuk melakukan jalan sehat minimal 30—60 menit setiap hari dapat menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan jantung.
      2.   Jogging
            Melakukan jogging secara teratur dapat menjaga kebugaran tubuh. Saat melakukan jogging, organ jantung akan berdetak lebih cepat memompakan darah dan melatih otot jantung menjadi kuat. Berjogging 3—5 kali dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh.
      3.   Renang
            Olahraga ini dilakukan di air (kolam renang). Dengan berenang secara rutin minimal tiga kali seminggu dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan jantung. Berenang dapat menguatkan bagian otot-otot tubuh, juga dapat menurunkan berat badan.
      4.   Bersepeda
            Bersepeda juga memiliki manfaat menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan jantung. Melakukan bersepeda tiga kali seminggu cukup untuk menjaga kesehatan. Di samping itu, bersepeda bisa dilakukan sambil brekreasi dengan keluarga atau teman.



Share this article :

0 komentar :



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Aneka apa aja | gudangnya SOFTWARE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger