Profil PT Unilever Indonesia Tbk



Profil PT Unilever Indonesia Tbk

SEJARAH
      PT Unilever Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris di Batavia. Akta ini disetujui oleh Gubernur Jenderal van Negerlandsch-Indie dengan surat No. 14 pada tanggal 16 Desember 1933, terdaftar di Raad van Justitie di Batavia dengan No. 302 pada tanggal 22 Desember 1933 dan diumumkan dalam Javasche Courant pada tanggal 9 Januari 1934 Tambahan No. 3.
Dengan akta No. 171 yang dibuat oleh notaris Ny. Kartini Mulyadi tertanggal 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia. Dengan akta no. 92 yang dibuat oleh notaris Tn. Mudofir Hadi, S.H. tertanggal 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk. Akta ini  disetujui oleh Menteri Kehakiman dengan keputusan No. C2-1.049HT.01.04TH.98 tertanggal 23 Februari 1998 dan diumumkan di Berita Negara No. 2620 tanggal 15 Mei 1998 Tambahan No. 39.
      Perusahaan mendaftarkan 15% dari sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya setelah memperoleh persetujuan dari Ketua Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam) No. SI-009/PM/E/1981 pada tanggal 16 November 1981.
      Pada Rapat Umum Tahunan perusahaan pada tanggal 24 Juni 2003, para pemegang saham menyepakati pemecahan saham, dengan mengurangi nilai nominal saham dari Rp 100 per saham menjadi Rp 10 per saham. Perubahan ini dibuat di hadapan notaris dengan akta No. 46 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 10 Juli 2003 dan disetujui oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan keputusan No. C-17533 HT.01.04-TH.2003.
Perusahaan bergerak dalam bidang produksi sabun, deterjen, margarin, minyak sayur dan makanan yang terbuat dari susu, es krim, makanan dan minuman dari teh dan produk-produk kosmetik.
Sebagaimana disetujui dalam Rapat Umum Tahunan Perusahaan pada tanggal 13 Juni, 2000, yang dituangkan dalam akta notaris No. 82 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 14 Juni 2000, perusahaan juga bertindak sebagai distributor utama dan memberi jasa-jasa penelitian pemasaran. Akta ini disetujui oleh Menteri Hukum dan Perundang-undangan (dahulu Menteri Kehakiman) Republik Indonesia dengan keputusan No. C-18482HT.01.04-TH.2000.
Perusahaan memulai operasi komersialnya pada tahun 1933.


Perluasan Unilever Indonesia

      Pada tanggal 22 November 2000, perusahaan mengadakan perjanjian dengan PT Anugrah Indah Pelangi, untuk mendirikan perusahaan baru yakni PT Anugrah Lever (PT AL) yang bergerak di bidang pembuatan, pengembangan, pemasaran dan penjualan kecap, saus cabe dan saus-saus lain dengan merk dagang Bango, Parkiet dan Sakura dan merk-merk lain atas dasar lisensi perusahaan kepada PT Al.
Pada tanggal 3 Juli 2002, perusahaan mengadakan perjanjian dengan Texchem Resources Berhad, untuk mendirikan perusahaan baru yakni PT Technopia Lever yang bergerak di bidang distribusi, ekspor dan impor barang-barang dengan menggunakan merk dagang Domestos Nomos. Pada tanggal 7 November 2003, Texchem Resources Berhad mengadakan perjanjian jual beli saham dengan Technopia Singapore Pte. Ltd, yang dalam perjanjian tersebut Texchem Resources Berhad sepakat untuk menjual sahamnya di PT Technopia Lever kepada Technopia Singapore Pte. Ltd.
      Dalam Rapat Umum Luar Biasa perusahaan pada tanggal 8 Desember 2003, perusahaan menerima persetujuan dari pemegang saham minoritasnya untuk mengakuisisi saham PT Knorr Indonesia (PT KI) dari Unilever Overseas Holdings Limited (pihak terkait). Akuisisi ini berlaku pada tanggal penandatanganan perjanjian jual beli saham antara perusahaan dan Unilever Overseas Holdings Limited pada tanggal 21 Januari 2004. Pada tanggal 30 Juli 2004, perusahaan digabung dengan PT KI. Penggabungan tersebut dilakukan dengan menggunakan metoda yang sama dengan metoda pengelompokan saham (pooling of interest). Perusahaan merupakan perusahaan yang menerima penggabungan dan setelah penggabungan tersebut PT KI tidak lagi menjadi badan hukum yang terpisah. Penggabungan ini sesuai dengan persetujuan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam suratnya No. 740/III/PMA/2004 tertanggal 9 Juli 2004.
Pada tahun 2007, PT Unilever Indonesia Tbk. (Unilever) telah menandatangani perjanjian bersyarat dengan PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk (Ultra) sehubungan dengan pengambilalihan industri minuman sari buah melalui pengalihan merek “Buavita” dan “Gogo” dari Ultra ke Unilever. Perjanjian telah terpenuhi dan Unilever dan Ultra telah menyelesaikan transaksi pada bulan Januari 2008.

MANAJEMEN

Presiden Komisaris : Louis Willem Gunning
Komisaris Independen :
·         Robby Djohan
·         Theodore Permadi Rachmat
·         Kuntoro Mangkusubroto
·         Cyrillus Harinowo
Presiden Direktur : Maurits Daniel Rudolf Lalisang
Direktur :
·         Desmond Gerard Dempsey
·         Mohammad Effendi Soeparsono
·         Rostinawati Leli
·         Muhammad Saleh
·         Josef Bataona
·         Surya Dharma Mandala
·         Debora Herawati Sadrach
·         Andreas Rompis
·         May Kwah

Kronologi

1920-30       Import oleh van den Bergh, Jurgen and Brothers
1933            Pabrik sabun – Zeepfabrieken NV Lever – Angke, Jakarta
1936            Produksi margarin dan minyak oleh Pabrik van den Bergh NV – Angke, Jakarta
1941            Pabrik komestik – Colibri NV, Surabaya
1942-46       Kendali oleh unilever dihentikan  (Perang Dunia II)
1965-66       Di bawah kendali pemerintah
1967         Kendali usaha kembali ke Unilever berdasarkan undang-undang penanaman modal asing
1981            Go public dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta
1982            Pembangunan pabrik Ellida Gibbs di Rungkut, Surabaya
1988            Pemindahan Pabrik Sabun Mandi dari Colibri ke Pabrik Rungkut, Surabaya
1990            Terjun di bisnis teh
1992            Membuka pabrik es krim
1995            Pembangunan pabrik deterjen dan makanan di Cikarang, Bekasi
1996-98       Penggabungan instalasi produksi – Cikarang, Rungkut
1999            Deterjen Cair NSD – Cikarang
2000            Terjun ke bisnis kecap
2001            Membuka pabrik teh – Cikarang
2002            Membuka pusat distribusi sentral Jakarta
2003            Terjun ke bisnis obat nyamuk bakar
2004            Terjun ke bisnis makanan ringan
2005            Membuka pabrik sampo cair – Cikarang
2008            Terjun ke bisnis minuman sari buah

Visi

      Produk Unilever telah menyentuh sekitar 2 milyar orang setiap hari, baik itu melalui perasaan yang luar biasa karena mereka memiliki rambut yang kemilau dan senyum yang menawan, membuat rumah mereka segar dan bersih, atau dengan menikmati secangkir kopi, makanan yang lezat atau snack yang sehat.

Arah yang jelas

Empat pilar utama dari visi kami menggambarkan arah jangka panjang dari perusahaan – kemana tujuan kami dan bagaimana kami menuju ke arah sana:
·         Kami bekerja untuk membangun masa depan yang lebih baik setiap hari
·         Kami membantu orang-orang merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan dengan brand dan pelayanan yang baik bagi mereka dan bagi orang lain
·         Kami menjadi sumber inspirasi orang-orang untuk melakukan hal kecil setiap hari yang dapat membuat perbedaan besar bagi dunia
·         Kami akan mengembangkan cara baru dalam melakukan bisnis dengan tujuan membesarkan perusahaan kami dua kali lipat sambil mengurangi dampak lingkungan
Kami selalu percaya akan kekuatan brand kami dalam meningkatkan kualitas kehidupan orang-orang dan dalam melakukan hal yang benar. Semakin bertumbuhnya bisnis kami, meningkat pula tanggung jawab kami. Kami mengenali tantangan global seperti perubahan iklim yang menjadi kepedulian kita bersama. Mempertimbangkan dampak yang lebih luas dari tindakan kami selalu menyatu dalam nilai-nilai kami dan merupakan bagian fundamental mengenai siapa diri kami.
Misi
-       Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen
-       Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan,konsumen dan komunitas.
-     Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai tambahdari segala proses.
-     Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orangdengan kinerja yang tinggi.
-     Bertujuan meningkatkan target pertumbuhan yangmenguntungkan dan memberikan imbalan di atasrata-rata karyawan dan pemegang saham.


Tujuan & Prinsip

Tujuan corporate kami adalah bahwa kesuksesan memerlukan “standar tertinggi dari perilaku corporate terhadap setiap orang yang bekerja dengan kami, komunitas yang kami sentuh dan lingkungan yang terdampak dari pekerjaan kami.”
Tujuan corporate kami adalah bahwa kesuksesan memerlukan “standar tertinggi dari perilaku corporate terhadap setiap orang yang bekerja dengan kami, komunitas yang kami sentuh dan lingkungan yang terdampak dari pekerjaan kami.”

Selalu bekerja dengan integritas

Beroperasi dengan integritas dan rasa hormat pada orang-orang, sentuhan bisnis kami pada organisasi dan lingkungan selalu menjadi pusat dari tanggung jawab corporate kami.

Dampak Positif

Kami bertujuan memberikan dampak positif dengan berbagai cara: melalui brand kami, melalui kegiatan komersial dan hubungan kami, melalui kontribusi sukarela, serta berbagai cara lain dimana kami berhubungan dengan masyarakat.

Komitmen yang berlanjut

Kami juga berkomitmen untuk terus meningkatkan cara dalam menangani dampak lingkungan dan bekerja dengan tujuan jangka panjang kami dalam mengembangkan bisnis yang berkelanjutan.

Menjalankan aspirasi kami

Tujuan corporate kami telah memberikan aspirasi bagi kami untuk mengelola bisnis. Hal ini diperkuat peraturan kami dalam prinsip-prinsip bisnis yang menjelaskan standar operasional yang diikuti semua karyawan Unilever, dimanapun mereka berada diseluruh dunia. Aturan ini juga mendukung pendekatan kami pada pemerintah serta tanggung jawab corporate.

Bekerja dengan yang lain

Kami ingin bekerja dengan para penyedia sumber daya yang memiliki nilai dan standar yang sama dengan kami dalam bekerja. Peraturan tentang rekanan bisnis, sejalan dengan peraturan prinsip bisnis kami, terdiri dari sepuluh prinsip yang meliputi integritas bisnis dan tanggung jawab yang berhubungan dengan karyawan, konsumen dan lingkungan.


SALAH SATU Brand UNILEVER

Makanan

"Unilever adalah salah satu dari perusahaan produsen produk makanan terkemuka dunia. Semangat kami untuk memahami apa yang diinginkan dan diperlukan masyarakat dari makanan mereka - dan apa yang mereka sukai darinya membuat brand-brand kami menjadi pilihan masyarakat."
Bango Logo

Bango

Bango, benar-benar kecap.
Blue Band

Blue Band

Blue band satukan hati bersama anak-anak.
buavita logo

Buavita

Buavita jus buah yang enak dan berkualitas
Royco Logo

Royco

Memberdayakan wanita Indonesia dan membantu memenuhi kebutuhan gizi keluarga


SariWangi Foods Brand, unilever Indonesia

Sariwangi

Hangatnya kebersamaan bersama Sariwangi.
Taro

Taro

Taro adalah salah satu merek makanan ringan unggulan di Indonesia.
Walls

Wall's

Wall’s membawa keceriaan dan kegembiraan dalam kebersamaan.

Dampak Ekonomi pada masyarakat

      Bisnis kami menghasilkan kekayaan dan membentuk pekerjaan dalam komunitas dimana kami beroperasi.

Dampak & kesempatan

      Para karyawan, pemerintah, investor dan banyak lainnya mendapat keuntungan secara ekonomi dari aktivitas kami. Kesempatan yang bertumbuh untuk memenuhi kebutuhan para konsumen berpendapatan rendah dalam pasar berkembang dan meningkat. Baik melalui saluran distribusi baru, menggunakan format lebih kecil atau menciptakan produk baru, kami mencoba mengembangkan model bisnis untuk mencapai anggota masyarakat paling miskin.
indonesian woman sellingUnilever products

Dampak ekonomi: kenyataan & gambaran

man sell Uniliver products
Para karyawan, pemerintah, investor dan banyak lainnya mendapat keuntungan secara ekonomi dari aktivitas kami.

Pendidikan dampak ekonomi negara

smile
Ada debat yang lama mengenai bagaimana perusahaan besar multinasional memberikan sumbangsih pada ekonomi lokal dan kehidupan orang-orang biasa.





Mendukung badan usaha mikro

Womans
Banyak perusahaan dan petani kecil menyediakan produk mereka bagi kami. Kami bekerja dengan banyak dari mereka untuk meningkatkan kemampuan dan pendapatan mereka.

Produk yang terjangkau

Orang-orang dimana-mana, apapun level pendapatan mereka, bertujuan menggunakan produk berkualitas tinggi dan inovatif pada acara dimana berpenampilan baik dan merasa nyaman menjadi penting.

Kebijakan pajak & penentuan harga transfer

Disini kami membentuk pendekatan kami pada dua isu yang berhubungan dengan hasil proses ekonomi kami yang mungkin penting diperhatikan beberapa pihak terkait.

Contact Us

Alamat                  :   Graha Unilever Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 15
                                  Jakarta 12930
Telepon                :   (021) 526 2112
Faksimili               :   (021) 526 2044
Bidang Usaha      :   Kosmetik dan Kebutuhan Rumah Tangga
Website                 :   http://www.unilever.co.id
Kantor Cabang
Pabrik                    :   Jl Rungkut Industri IV/5-11 Tenggilis Mejoyo
                                  Surabaya Jawa Timur



Comments

Unknown said…
saya inin menjadi agen produk2 unilever bagaimana cara nya

Popular posts from this blog

MAKALAH Sejarah Singkat Berdirinya Bengkel

DRAMA SINGKAT 5 ORANG (Menghindari Gibah (Gosip))

ANALISA PELUANG USAHA PERANGKAT KERAS