PERKEMBANGAN DAN PERAN STRATEGIS RISET OPERASIONAL DALAM AKTIFITAS MANAGEMENT SCIENCE

 BAB I

PENDAHULUAN

 

A.   Latar Belakang

       Pada mulanya Riset Operasi tidak terlepas dari perang dunia ke II. karena terjadinya perang maka terjadi sebuah kebutuhan, iyalah bagaimana cara mengalokasikan sumber sumber daya yang sangat terbatas kepada berbagai elemen operasi militer dalam sebuah kegiatan secara efektif.

       Karena itulah pemimpin pemimpin perang meminta saran kepada ahli dalam bidang sains untuk melakukan pendekatan ilmiah untuk menghadapi permasalahan dan melakukan upaya pemecahannya secara strategis.

 

B.   Rumusan Masalah

       1.    Apa yang dimaksud dengan  riset operasional?

       2.    Bagaimana perkembangan riset operasional?

       3.    Bagaimana peran strategis riset operasional dalam aktivitas management science?

 


 

BAB II

PEM BAHASAN

 

A.   Riset Operasional

 

 

1.    Pengertian

       Secara harfiah kata operation dapat didefenisikan sebagai tindakan-tindakan yang diterapkan pada beberapa masalah atau hipotesis. Sementara kata riset (research) adalah suata proses yang terorganisasi dalam mencari kebenaran akan masalah atau hipotesis tadi.  Kenyataannya, sangat sulit untuk mendefenisikan Operation Research, terutama karena batas-batasnya tidak jelas. Operation Reseach memiliki bermacam-macam penjelasan, berikut ini beberapa kutipan defenisi operation research yang dikemukan oleh para ahli operation research dalam berbagai literature.

       Riset Operasi adalah suatu aplikasi dari berbagai metoda ilmiah untuk tujuan penguraian terhadap masala-masalah yang kompleks yang muncul dalam pengarahan dan pengelolaan dari suatu sistem besar (manusia, mesin-mesin, bahan-bahan, dan uang) dalam bidang perindustrian, bisnis, pemerintahan, dan pertahanan.

       Pendekatan khusus ini bertujuan membentuk suatu model ilmiah dari sistem, menggabungkan berbagai faktor seperti kesempatan dan resiko, untuk meramalkan dan membandingkan hasil-hasil dari beberapa keputusan, strategi, atau pengawasan. Tujuannya adalah membantu pengambil keputusan  menentukan kebijaksanaan dan tindakannya secara ilmiah. (Operation Research Society of Great Britain).

       Riset Operasi berkaitan dengan menentukan pilihan secara ilmiah bagaimana merancang dan menjalankan sistem manusia-mesin secara terbaik, biasanya membutuhkan alokasi sumber daya yang langka. (Dari buku Operation Reseach Principiles and Practice, karangan A.Ravindram dan Don T. Phillips dan James J. Solberg, dikutip dari Operation Reseach Society of America).

       Riset Operasional berkaitan dengan menentukan pilihan secara ilmiah bagaimana merancang dan menjalankan sistem manusia-mesin secara terbaik, biasanya membutuhkan alokasi sumber daya yang langka.

       Operations research adalah pendekatan dalam pengambilan keputusan yang ditandai dengan penggunaan pengetahuan ilmiah melalui usaha kelompok antar disiplin yang bertujuan menentukan penggunaan terbaik sumberdaya yang terbatas. (Churchman, Ackoff dan Arnoff, 1957).

       Operations research dijelaskan sebagai suatu metode, suatu pendekatan, seperangkat teknik, sekelompok kegiatan, suatu kombinasi beberapa disiplin, suatu perluasan dari disipilin-disiplin utama (matematika, teknik, ekonomi), suatu disiplinbaru, suatu lapangan kerja, bahkan suatu agama. OR mungkin beberapa dari semua hal ini. (S.L. Cook dalam Little Chid, 1977)

2.    Ciri-Ciri Riset Operasi.

       Untuk membuat suatu keputusan yang tepat, seorang manajer harus mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan riset operasi tersebut. Ciri-ciri riset operasi yang harus diketahui oleh seorang manajer adalah sebagai berikut :

  1. Terpusat pada pembuatan keputusan. Hasil akhir riset operasi harus berupa informasi yang secara langsung membantu manajer mencapai suatu keputusan.
  2. Penggunaan metode ilmiah. Riset operasi mempergunakan pendekatan ilmiah untuk pemecahan masalah, yang meliputi perumusan masalah, pemahaman perilaku sistem masalah, dan pengembangan berbagai penyelesaian yang mungkin.
  3. Penggunaan model matematik. Suatu model adalah suatu penyajian dari kenyataan. Riset operasi menyederhanakan unsur-unsur masalah kompleks menjadi berbagai persamaan matematik, yang digunakan untuk menyusun suatu model. Unsur-unsur model diubah-ubah dan dimanipulasi dalam berbagai percobaan yang dibuat, serta hasil-hasilnya dilaporkan dengan anggapan akan terjadi dalam situasi nyata.
  4. Efektifitas ekonomis. Kegiatan yang disarankan oleh riset operasi harus memberi hasil keuangan yang lebih besar dibanding biayanya, dalam bentuk penghematan atau penghasilan.
  5. Bergantung pada komputer. Komputer biasanya diperlukan untuk memroses model, bila perhitungan yag harus dilakukan terlalu kompleks atau membosankan bagi manusia untuk menanganinya secara efisien.
  6. Pendekatan tim. Masalah-masalah yang dialamatkan kepada riset operasi sering terlalu kompleks bagi seorang untuk memecahkannya sendiri. Berbagai ketrampilan dan pengetahuan dari sejumlah spesialis berbagai disiplin ilmu diperlukan sebagai suatu tim.
  7. Orientasi sistem. Riset operasi memperhitungkan apa yang paling baik bagi organisasi secara keseluruhan. Proses riset operasi seringkali ditandai dengan kesulitan dalam menghadapi perbedaan kepentingan, tidak hanya antara bagian dan keseluruhan, tetapi juga di antara bagian-bagian sendiri.

 

B.   Sejarah Perkembangan Riset Operasional

       Pada mulanya Riset Operasi tidak terlepas dari perang dunia ke II. karena terjadinya perang maka terjadi sebuah kebutuhan, iyalah bagaimana cara mengalokasikan sumber sumber daya yang sangat terbatas kepada berbagai elemen operasi militer dalam sebuah kegiatan secara efektif , Karena itulah pemimpin pemimpin perang meminta saran kepada ahli dalam bidang sains untuk melakukan pendekatan ilmiah untuk menghadapi permasalahan dan melakukan upaya pemecahannya secara strategis.

       Pada tahun 1939 G.A Robert dan E.C Willia, mengembangkan untuk pertama kalinya sebuah sistem komunikasi untuk Angkatan Udara(AU) Inggris. Kemudian pada tahun1940 , Riset Operasi digunakan oleh McClosky dan Trefthen dari Inggris untuk menenmukan suatu alat baru untuk mendeteksi kegiatan militer musuh, mulai dari situlah ditemukan alat pendeteksi yaitu Radar. Pada saat Amerika terlibat dalam perang dunia , 1942-1943 dibentuklah divisi Riset Analisis.

       Riset operasi adalah penerapan metode-metode ilmiah terhadap masalah-masalah rumit yang muncul dalam pengarahan dan pengolahan dari suatu sistem besar manusia, mesin, bahan, dan uang dalam industri, bisnis, pemerintahan dan pertahanan. Pendekatan khusus ini bertujuan membentuk suatu model ilmiah dari sistem, menggabungkan ukuran-ukuran faktor faktor seperti kesempatan dan resiko, untuk meramalkan dan membandingkan hasil-hasil dari beberapa keputusan, strategi atau pengawasan. Tujuannya adalah membantu pengambilan keputusan menentukan kebijakan dan tindakannya secara ilmiah.

 

C.   Peran Strategis Riset Operasional Dalam Aktivitas Management Science

       Pendekatan yang digunakan pada riset operasional adalah pendekatan dengan metode ilmiah. Pendekatan ini biasanya dimulai dengan dilakukannya observasi dan formulasi masalah, kemudian dilanjutkan dengan membuat permodelan (biasanya berbentuk model matematis) yang menyatakan esensi dari keadaan yang sebenarnya yang akan dianalisis. Selanjutnya dicari solusi optimal berdasarkan model yang dibuat dan dilakukan penerapan solusi yang diperoleh untuk memecahkan masalah.  Mulai dari “pendekatan pengetahuan untuk pengambilan keputusan”, “penggunaan perangkat kuantitatif untuk sistem yang asalnya dari kehidupan nyata”, sampai dengan “ilmu pengembilan keputusan”, dan sebagainya. Pada pertengahan 1970-an, Operations Research Society of America mendefinisikan artinya sebagai berikut :

“Riset Operasi dikaitkan dengan ilmu pengetahuan yang memutuskan bagaimana rancangan dan operasi terbaik pada sistem manusia-mesin yang biasanya dalam kondisi membutuhkan alokasi sumber daya yang terbatas”

       Banyak kasus-kasus dalam perusahaan yang membutuhkan pemecahan masalah secara kuantitatif dengan metode riset operasi agar dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya untuk mendapat keuntungan yang maksimal atau menggunakan biaya yang minimal. Sebagai contoh kasus keterbatasan bahan baku pembuatan barang yang dikaitkan dengan keuntungan yang ingin dimaksimalkan, perusahaan listrik negara dalam mengkonstruksi lintasan/jalur distribusi listrik tentu tidak asal sambung-menyambung instalasi kabel listrik untuk sampainya jaringan distribusi listrik dari konsumen ke konsumen, produk-produk yang dihasilkan pabrik yang kemudian ditampung dan gudang-gudang penyimpanan tentu memakan biaya dan ingin agar biaya yang digunakan minimal dengan penggunaan gudang secara maksimal, bagaimana sebuah proyek dapat dipercepat dengan melakukan paralelisme langkah-langkah penyelesaian, dan masih banyak lagi kasus-kasus sejenis yang membutuhkan riset operasi untuk diselesaikan.

       Cara yang biasa digunakan untuk menggambarkan situasi untuk model riset operasi adalah yang pertama menentukan segala sesuatu apa yang ingin dilakukan, dan segala sesuatu apa yang dipunyai untuk melakukan dan hasilnya. Apa yang ingin dicapai (keuntungan tinggi, level kepuasan konsumen yang tinggi, area pemasaran yang luas, biaya produksi rendah, atau sejenisnya) adalah merupakan tujuan. Disisi lain, semua kebutuhan (seperti pembatasan budget, keterbatasan kemempuan perusahaan dalam hal manpower, dasar pengetahuan, ketersediaan mesin, dan sebagainya) disebut dengan constraints. Sedangkan dalam kebanyakan perangkat riset operasi, tujuan (objective) dan kendala (constraint) harus secara jelas dipisahkan, hal ini harus selalu sesuai dengan kenyataannya. Misalnya, budget yang digunakan dalam satu bulan tidak melebihi yang disediakan, artinya bagaimanapun teknik solusi yang diberikan, jika melampaui batas ketersediaan budget maka tidak memberikan solusi dengan benar.

       Setiap model riset operasi akan meliputi parameters dan variables. Parameter adalah jumlah yang dipunyai (atau dapat menentukan), tetapi tidak dalam control kita, variabel adalah jumlah yang tidak diketahui (tapi akan diketahui), dan dimana merupakan arah pekerjaan kita. Misalnya, perkiraan kebutuhan untuk produk adalah parameter, sedangkan jumlah unit yang dibuat adalah variabel. Jenis truk yang digunakan untuk pengiriman dan rute perjalanan truk yang dipakai adalah variabel, sedangkan lokasi gudang customer adalah parameter. Tujuan dari metode solusi adalah menentukan nilai actual variabel, misalnya menentukan level produksi, jenis truk dan rute yang dpakai.

Ada empat konsentrasi utama ketika menerapkan model riset operasi :

1.      Feasibility (dapatkan kita melakukan ini ?)

2.      Optimality(apakah ini adalah yang terbaik yang dapat kita lakukan dengan apa yang kita punya ?)

3.      Sensitivity(apa yang terjadi, jika beberapa parameter atau kondisi masukan keluar dari control)

4.      Implementability (apakah solusi yang sudah didapatkan sebenarnya dapat dilakukan ?)

       Keempat fungsi manajemen (POAC), merupakan hal yang sifatnya umum dan mendasar bagi setiap manajer di semua bidang. Di samping adanya fungsi-fungsi manajemen tadi, maka seorang manajer personel harus juga memiliki kemampuan dalam fungsi-fungsi operasional. Fungsi-fungsi operasional tersebut adalah perolehan pegawai, pengembangan, pemberian imbalan, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja.

       Dalam pembelajaran riset operasional pun diharapkan mempunyai kompetensi: memahami perkembangan/isu penting terbaru (important issue) dan permasalahan dalam pengelolaan/manajemen didasarkan pada Riset Operasional, menjelaskan milestone peran strategis Riset Operasional dalam aktifitas Management Science, memahami konsep dasar dan kajian-kajian dalam Riset Operasional secara komprehensif, melakukan analisis kasus (identifikasi masalah, analisis situasi, tinjauan teoritis, dan rekomendasi solusi masalah) untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan Riset Operasional, dan menguasai software Riset Operasional POM for Windows untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan Riset Operasional.

       Riset operasi berkaitan dengan model kuantitatif dan solusinya. Dalam kenyataanna, dimana sejumlah orang membuat perbedaan : mereka mengklaim bahwa manajemen sains paling banyak berkonsentrasi dengan model, riset operasi hanya memberikan metode solusi. Model yang dibangun pada scenario yang diberikan adalah (diharapkan mendekati) gambaran  dari kenyataannya. Model yang dibangun tidak pernah memasukkan semua komponen dan situasi nyata, fitur seperti beberapa pilihan criteria yang digunakan oleh konsumen tidak sepenuhnya diamati dan akan diabaikan, penghindaran resiko pembuat keputusan, dimana hal tesebut mungkin dimasukkan pada beberapa tingkat model pembuatan keputusan, tidak secara lengkap dijelaskan dan akan diperkirakan atau diabaikan.

 

 


 

BAB III

PENUTUP

 

A.  Simpulan

       Dengan demikian, untuk menjalankan suatu organisasi atau perusahaan dalam kaitannya dengan pembuatan suatu keputusan, seorang manajer harus cukup mengetahui atau menguasai suatu riset operasi sehingga dapat memilih pendekatan yang tepat bagi organisasinya. Atau dapat juga dalam hal ini seorang manajer mengkomunikasikan kepada staf profesional yang akan membuat pilihan. Karena teknik-teknik riset operasi ini terus berkembang, maka seorang manajer harus mau belajar tentang ciri-cir dari riset operasi serta bagaimana cara menggunakannya.  

B.   Saran

       Diharapkan terdapat para manajer yang lebih berpengetahuan mengenai dunia analisis khususnya dibidang Riset Operasional. Para professional baru harus mampu membangun cara yang sistematis mengenai sebuah Riset Operasional.

 

 


 

DAFTAR PUSTAKA

 

Hotniar Siringoringo. Riset Operasional Seri Pemrograman Linear. Graha Ilmu, Yogyakarta. 2005.

Hamdy A. Taha. Operation Research.: An Introduction, McMillan, 1992.

Hilier, Frederich S. and Lieberman. Introduction to Operation Research, McGraw-Hill, 1990.

http://legalstudies71.blogspot.com/2016/02/pengertian-riset-operasi-management.html

http://wulaninspirator.blogspot.com/2013/01/tugas-operasional-riset.html

https://www.academia.edu/9584566/MAKALAH_RISET_OPERASIONAL?auto=download

http://bedahrumahnew.blogspot.com/2015/11/definisi-riset-operasi-dan-penerapannya.html

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH Sejarah Singkat Berdirinya Bengkel

DRAMA SINGKAT 5 ORANG (Menghindari Gibah (Gosip))

ANALISA PELUANG USAHA PERANGKAT KERAS