MODUL 2 KEPUTUSAN





MODUL 2
KEPUTUSAN














Disusun oleh :

















BAB I
PENDAHULUAN


MEMBUAT KEPUTUSAN (DECISION MAKING)
      Adalah suatu proses memilih alternatif tertentu dari beberapa alternatif yang ada. Jadi membuat keputusan adalah suatu proses memilih antara berbagai macam cara untuk melaksanakan pekerjaan. Semakin berpengalaman dalam pengambilan keputusan, semakin besar pula kepercayaan diri serta akan semakin berorientasi pada suatu tindakan.
      Dalam perusahaan besar, biasanya pembuatan dan pengambilan keputusan berdasarkan atas data-data dan dokumentasi perusahaan dari hasil survey, laporan usaha, dan sebagainya. Informasi ini biasanya telah dihimpun dengan cara yang sudah ditentukan sesuai dengan teknik-teknik pemecahan masalah. Adapun pedoman untuk membuat keputusan kuncinya adalah sebagai berikut :
1.   Terlebih dahulu ditentukan faktor-faktor dari perusahaan yang sudah dikenal
2.   Identifikasi bidang manakah dari persoalan-persoalan yang tidak berdasarkan fakta-fakta. Di bidang yang dikenal inilah penalaran dan intuisinya untuk membuat keputusan diasah
3.   Keberanian dan antusiasme sangat diperlukan dalam menerapkan sebuah keputusan
4.   Bersedia untuk mengambil tindakan agresif dalam menerapkan sebuah keputusan
5.   Ambilah risiko yang sedang-sedang saja jika terdapat ketidakpastian yang benar
6.   Dalam keadaan tertentu mungkin lebih baik untuk meneruskan suatu yang telah berhasil pada masa lampau
7.   Jauhilah keputusan-keputusan yang akan merubah secara drastis susunan organisasi yang sekarang
8.   Keputusan perlu diujicobakan terlebih dahulu


BAB II
ISI


A.  FAKTOR DAN PERTIMBANGAN MEMBUAT KEPUTUSAN
            Adapun faktor dan pertimbangan dalam membuat keputusan terakhir, para wirausaha dalam mengelola bisnisnya sebagai berikut :
      1.   Ukuran dan kompleksitas bisnis
      2.   Harapan mengenai pertumbuhan dan perkembangan bisnis
      3.   Fasilitas jasa yang tersedia di daerah untuk pembagi instalasi sistem
      4.   Kualitas dan kuantitas dari staf yang tersedia untuk berbagai jenis sistem dan fasilitas latihan yang tersedia
      5.   Jumlah transaksi yang harus diproses
      6.   Faktor-faktor keuangan
            Dengan membuat keputusan dan melaksanakannya. Seorang wirausaha harus dapat memonitornya. Memonitor secara efektif dan efisien mengenai penerapan sebuah keputusan, akan mengungkapkan kelemahan-kelemahan dalam bisnisnya.
      a.   Faktor Membuat Keputusan
            1)   Faktor orang
            2)   Faktor psikologis
            3)   Faktor fisik
            4)   Faktor sasaran
            5)   Faktor pelaksanaan
            6)   Faktor waktu
      b.   Pertimbangan Membuat Keputusan Usaha
            1)   Keputusan yang akan diambil perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
                  a)   Manfaatnya
                  b)   Pelaksanaannya
                  c)   Orang-orangnya
            2)   Tindakan-tindakan adalah sebaia berikut :
                  a)   Menilai data-data
                  b)   Memilih data-data
                  c)   Konsekuensi pilihan
                  d)   Tindakan pelaksanaan


                  Agar seorang wirausaha mampu membuat keputusan yang efektif dan efisien, ia harus memiliki beberapa persyaratan sebagai berikut :
            1)   Keterampilan dalam kepemimpinan
            2)   Keterampilan dalam manajerial
            3)   Keterampilan dalam bergaul

B.  MACAM-MACAM KEPUTUSAN
            Menurut bidangnya, dalam usaha ada beberapa tipe keputusan sebagai     berikut :
      1.   Keputusan produksi
      2.   Keputusan penjualan
      3.   Keputusan permodalan
      4.   Keputusan kepegawaian
            Keputusan yang diambil oleh wirausaha hendaknya tidak semata-mata didasarkan atas aklamasi. Setelah keputusan siap dibuat dan semua alternatif telah dijajagi, serta risiko utang ruginya sudah dipertimbangkan, maka selanjutnya adalah membangkitkan keberanian untuk memutuskan suatu tujuan.

C.  DASAR DAN TEKNIK MEMBUAT KEPUTUSAN 
      1.   Intuisi
                  Pembuatan keputusan berdasarkan intuisi adalah pembuatan keputusan berdasarkan penggunaan perasaan orang yang mempu membuat keputusan tersebut. Adapun keuntungan pembuatannya adalah sebagai berikut :
            a.   Keputusan dapat dibuat dengan tepat
            b.   Diutamakan yang paling penting
            c.   Dipergunakan kemampuan cara pembuatannya
      2.   Fakta
                  Pembuatan keputusan berdasarakn fakta merupakan pembuatan keputusan yang paling baik dan cukup menyakinkan. Adapun fakta-fakta tersebut :
            a.   Perlu diusahakan sebaik-baiknya
            b.   Perlu diselidiki dengan teliti
            c.   Perlu diklasifikasikan dengan tepat
            d.   Perlu ditafsirkan dengan hati-hati




      3.   Pengalaman
                  Dalam membuat keputusan perlu diperhatikan kejadian-kejadian masa lalu sebab pengalaman akan memberikan petunjuk bagi pembuat keputusan. Pengalaman seorang wirausaha di dalam mengelola bisnisnya antara lain :
            a.   Pengalaman berupa sikap atau nilai
            b.   Pengalaman berupa pengetahuan
            c.   Pengalaman berupa ketrampilan
      4.   Ketrampilan
                  Seorang wirausaha yang trampil akan mampu mengendalikan keinginan dan kemauannya ke arah tercapainya tujuan. Ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi dalam usaha yakni akan melatih ketrampilan :
            a.   Mengenal diri sendiri
            b.   Melatih kemauan
            c.   Melatih dispilin
            d.   Authority (kekuasaan)
                  Keputusan yang dibuat atas dasar otoritas dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
            1)   Undang-undang
            2)   Peraturan-peraturan
            3)   Hak milik
            4)   Status
                  Adapun kebaikan dan keburukan berdasarkan authority adalah :
            1)   Kebaikan
                  a.   Cepat diterima
                  b.   Autentik (dapat dipercaya)
                  c.   Bersifat permanen
            2)   Keburukan
                  a.   Terlampau rutin akan menjerumus pada praktik diktator 
                  b.   Kemungkinan fakta-fakta yang ada kurang relevansi
                  Aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam pengambilan keputusan diantaranya :
            a.   Lingkungan Internal
                  1)   Lingkungan di dalam organisasi
                  2)   Divisi organusasi
                  3)   Persamaan visi dan misi anggota organisasi


            b.   Lingkungan Eksternal
                  1)   Pihak lain yang memanfaatkan output organisasi
                  2)   Hukum yang berlaku
                  3)   Kompetetor (pesaing)
                  4)   Keadaan sosial politik
                  5)   Komponen teknologi

D.  PEMBUAT KEPUTUSAN
            Pembuat keputusan yaitu orang atau kelompok yang akan mengambil keputusan. Dalam pengambilan keputusan ada orientasi dalam mengambil keputusan diantaranya :
      1.   Orientasi penerimaan
      2.   Orientasi eksploitasi
      3.   Orientasi penimbunan
      4.   Orientasi pemasaran

E.  ALAT BANTU DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN           
            Alat bantu dalam mengambil keputusan adalah merupakan sarana bagi wirausaha dalam mengambil keputusan. Dua perangkat yang populer digunakan dalam mengambil keputusan adalah :
      1.   Teori Probalitas
                  Teori probalitas menunjukkan besarnya kemungkinan terjadinya suatu kejadian. Dirumuskan sebagai berikut :


EV = I x P
 
 


      2.   Pohon Keputusan
                  Pohon Keputusan adalah bagan dari tiap-tiap keputusan yang diambil oleh wirausaha. Tiap-tiap keputusan yang diambil akan melahirkan sebuah keadaan kondisi dimana wirausaha harus mengambil keputusan lagi.







BAB III
KESIMPULAN


      Jadi membuat keputusan adalah suatu proses memilih antara berbagai macam cara untuk melaksanakan pekerjaan. Semakin berpengalaman dalam pengambilan keputusan, semakin besar pula kepercayaan diri seseorang akan semakin berorientasi pada suatu tindakan.
      Suatu keputusan yang benar, tumbuh dan berkembang dari adanya pertentangan antara pendapat dan alternatif-alternatif yang saling bersaingan. Dalam proses pembuatan keputusan dan keragu-raguan dan ketidaksetujuan sebenarnya masih diperlukan karena ada manfaatnya.
      Pengalaman merupakan guru yang akan memberikan petunjuk serta pedoman bagaimana seorang wirausaha harus membuat keputusan agar ditaati dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH Sejarah Singkat Berdirinya Bengkel

DRAMA SINGKAT 5 ORANG (Menghindari Gibah (Gosip))

ANALISA PELUANG USAHA PERANGKAT KERAS