Profil PT Unilever Indonesia Tbk
Profil PT Unilever Indonesia Tbk
SEJARAH
PT Unilever
Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken
N.V. Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris
di Batavia. Akta ini disetujui oleh Gubernur Jenderal van Negerlandsch-Indie
dengan surat No. 14 pada tanggal 16 Desember 1933, terdaftar di Raad van
Justitie di Batavia dengan No. 302 pada tanggal 22 Desember 1933 dan diumumkan
dalam Javasche Courant pada tanggal 9 Januari 1934 Tambahan No. 3.
Dengan akta No. 171 yang dibuat oleh notaris Ny.
Kartini Mulyadi tertanggal 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT
Unilever Indonesia. Dengan akta no. 92 yang dibuat oleh notaris Tn. Mudofir
Hadi, S.H. tertanggal 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever
Indonesia Tbk. Akta ini disetujui oleh Menteri Kehakiman dengan keputusan
No. C2-1.049HT.01.04TH.98 tertanggal 23 Februari 1998 dan diumumkan di Berita
Negara No. 2620 tanggal 15 Mei 1998 Tambahan No. 39.
Perusahaan
mendaftarkan 15% dari sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya
setelah memperoleh persetujuan dari Ketua Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam)
No. SI-009/PM/E/1981 pada tanggal 16 November 1981.
Pada Rapat
Umum Tahunan perusahaan pada tanggal 24 Juni 2003, para pemegang saham
menyepakati pemecahan saham, dengan mengurangi nilai nominal saham dari Rp 100
per saham menjadi Rp 10 per saham. Perubahan ini dibuat di hadapan notaris
dengan akta No. 46 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 10
Juli 2003 dan disetujui oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik
Indonesia dengan keputusan No. C-17533 HT.01.04-TH.2003.
Perusahaan bergerak dalam bidang produksi sabun,
deterjen, margarin, minyak sayur dan makanan yang terbuat dari susu, es krim,
makanan dan minuman dari teh dan produk-produk kosmetik.
Sebagaimana disetujui dalam Rapat Umum Tahunan
Perusahaan pada tanggal 13 Juni, 2000, yang dituangkan dalam akta notaris No.
82 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 14 Juni 2000,
perusahaan juga bertindak sebagai distributor utama dan memberi jasa-jasa
penelitian pemasaran. Akta ini disetujui oleh Menteri Hukum dan
Perundang-undangan (dahulu Menteri Kehakiman) Republik Indonesia dengan
keputusan No. C-18482HT.01.04-TH.2000.
Perusahaan memulai operasi komersialnya pada tahun
1933.
Perluasan Unilever Indonesia
Pada
tanggal 22 November 2000, perusahaan mengadakan perjanjian dengan PT Anugrah
Indah Pelangi, untuk mendirikan perusahaan baru yakni PT Anugrah Lever (PT AL)
yang bergerak di bidang pembuatan, pengembangan, pemasaran dan penjualan kecap,
saus cabe dan saus-saus lain dengan merk dagang Bango, Parkiet dan Sakura dan
merk-merk lain atas dasar lisensi perusahaan kepada PT Al.
Pada tanggal 3 Juli 2002, perusahaan mengadakan perjanjian
dengan Texchem Resources Berhad, untuk mendirikan perusahaan baru yakni PT
Technopia Lever yang bergerak di bidang distribusi, ekspor dan impor
barang-barang dengan menggunakan merk dagang Domestos Nomos. Pada tanggal 7
November 2003, Texchem Resources Berhad mengadakan perjanjian jual beli saham
dengan Technopia Singapore Pte. Ltd, yang dalam perjanjian tersebut Texchem
Resources Berhad sepakat untuk menjual sahamnya di PT Technopia Lever kepada
Technopia Singapore Pte. Ltd.
Dalam Rapat
Umum Luar Biasa perusahaan pada tanggal 8 Desember 2003, perusahaan menerima
persetujuan dari pemegang saham minoritasnya untuk mengakuisisi saham PT Knorr
Indonesia (PT KI) dari Unilever Overseas Holdings Limited (pihak terkait).
Akuisisi ini berlaku pada tanggal penandatanganan perjanjian jual beli saham
antara perusahaan dan Unilever Overseas Holdings Limited pada tanggal 21
Januari 2004. Pada tanggal 30 Juli 2004, perusahaan digabung dengan PT KI.
Penggabungan tersebut dilakukan dengan menggunakan metoda yang sama dengan
metoda pengelompokan saham (pooling of interest). Perusahaan merupakan
perusahaan yang menerima penggabungan dan setelah penggabungan tersebut PT KI
tidak lagi menjadi badan hukum yang terpisah. Penggabungan ini sesuai dengan
persetujuan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam suratnya No.
740/III/PMA/2004 tertanggal 9 Juli 2004.
Pada tahun 2007, PT Unilever Indonesia Tbk. (Unilever)
telah menandatangani perjanjian bersyarat dengan PT Ultrajaya Milk Industry
& Trading Company Tbk (Ultra) sehubungan dengan pengambilalihan industri
minuman sari buah melalui pengalihan merek “Buavita” dan “Gogo” dari Ultra ke
Unilever. Perjanjian telah terpenuhi dan Unilever dan Ultra telah
menyelesaikan transaksi pada bulan Januari 2008.
MANAJEMEN
Presiden
Komisaris : Louis Willem Gunning
Komisaris
Independen :
·
Robby Djohan
·
Theodore Permadi Rachmat
·
Kuntoro Mangkusubroto
·
Cyrillus Harinowo
Presiden
Direktur : Maurits Daniel Rudolf Lalisang
Direktur
:
·
Desmond Gerard Dempsey
·
Mohammad Effendi Soeparsono
·
Rostinawati Leli
·
Muhammad Saleh
·
Josef Bataona
·
Surya Dharma Mandala
·
Debora Herawati Sadrach
·
Andreas Rompis
·
May Kwah
Kronologi
1920-30 Import oleh van den Bergh, Jurgen and
Brothers
1933
Pabrik sabun – Zeepfabrieken NV Lever –
Angke, Jakarta
1936
Produksi margarin dan minyak oleh
Pabrik van den Bergh NV – Angke, Jakarta
1941
Pabrik komestik – Colibri NV, Surabaya
1942-46 Kendali oleh unilever dihentikan
(Perang Dunia II)
1965-66 Di bawah kendali pemerintah
1967
Kendali usaha kembali ke Unilever berdasarkan undang-undang penanaman modal
asing
1981
Go public dan terdaftar di Bursa Efek
Jakarta
1982 Pembangunan pabrik Ellida Gibbs di Rungkut,
Surabaya
1988
Pemindahan Pabrik Sabun Mandi dari
Colibri ke Pabrik Rungkut, Surabaya
1990
Terjun di bisnis teh
1992
Membuka pabrik es krim
1995
Pembangunan pabrik deterjen dan makanan
di Cikarang, Bekasi
1996-98 Penggabungan instalasi produksi – Cikarang,
Rungkut
1999
Deterjen Cair NSD – Cikarang
2000
Terjun ke bisnis kecap
2001
Membuka pabrik teh – Cikarang
2002
Membuka pusat distribusi sentral
Jakarta
2003
Terjun ke bisnis obat nyamuk bakar
2004
Terjun ke bisnis makanan ringan
2005
Membuka pabrik sampo cair – Cikarang
2008
Terjun ke bisnis minuman sari buah
Visi
Produk Unilever telah menyentuh sekitar 2 milyar orang setiap
hari, baik itu melalui perasaan yang luar biasa karena mereka memiliki rambut
yang kemilau dan senyum yang menawan, membuat rumah mereka segar dan bersih,
atau dengan menikmati secangkir kopi, makanan yang lezat atau snack yang sehat.
Arah yang jelas
Empat
pilar utama dari visi kami menggambarkan arah jangka panjang dari perusahaan –
kemana tujuan kami dan bagaimana kami menuju ke arah sana:
·
Kami bekerja untuk membangun masa depan yang
lebih baik setiap hari
·
Kami membantu orang-orang merasa nyaman,
berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan dengan brand dan
pelayanan yang baik bagi mereka dan bagi orang lain
·
Kami menjadi sumber inspirasi orang-orang untuk
melakukan hal kecil setiap hari yang dapat membuat perbedaan besar bagi dunia
·
Kami akan mengembangkan cara baru dalam
melakukan bisnis dengan tujuan membesarkan perusahaan kami dua kali lipat
sambil mengurangi dampak lingkungan
Kami selalu percaya akan kekuatan brand kami
dalam meningkatkan kualitas kehidupan orang-orang dan dalam melakukan hal yang
benar. Semakin bertumbuhnya bisnis kami, meningkat pula tanggung jawab kami.
Kami mengenali tantangan global seperti perubahan iklim yang menjadi kepedulian
kita bersama. Mempertimbangkan dampak yang lebih luas dari tindakan kami selalu
menyatu dalam nilai-nilai kami dan merupakan bagian fundamental mengenai siapa
diri kami.
Misi
- Menjadi
yang pertama dan terbaik di kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi
konsumen
- Menjadi
rekan yang utama bagi pelanggan,konsumen dan komunitas.
- Menghilangkan
kegiatan yang tak bernilai tambahdari segala proses.
- Menjadi perusahaan
terpilih bagi orang-orangdengan
kinerja yang tinggi.
- Bertujuan
meningkatkan target pertumbuhan yangmenguntungkan dan memberikan imbalan di
atasrata-rata karyawan dan pemegang saham.
Tujuan & Prinsip
Tujuan corporate kami
adalah bahwa kesuksesan memerlukan “standar tertinggi dari perilaku corporate
terhadap setiap orang yang bekerja dengan kami, komunitas yang kami sentuh dan
lingkungan yang terdampak dari pekerjaan kami.”
Tujuan corporate kami
adalah bahwa kesuksesan memerlukan “standar tertinggi dari perilaku corporate
terhadap setiap orang yang bekerja dengan kami, komunitas yang kami sentuh dan
lingkungan yang terdampak dari pekerjaan kami.”
Selalu bekerja dengan integritas
Beroperasi dengan integritas dan rasa hormat pada
orang-orang, sentuhan bisnis kami pada organisasi dan lingkungan selalu menjadi
pusat dari tanggung jawab corporate kami.
Dampak Positif
Kami bertujuan memberikan dampak positif dengan
berbagai cara: melalui brand kami, melalui kegiatan komersial dan
hubungan kami, melalui kontribusi sukarela, serta berbagai cara lain dimana
kami berhubungan dengan masyarakat.
Komitmen yang berlanjut
Kami juga berkomitmen untuk terus meningkatkan cara
dalam menangani dampak lingkungan dan bekerja dengan tujuan jangka panjang kami
dalam mengembangkan bisnis yang berkelanjutan.
Menjalankan aspirasi kami
Tujuan corporate kami telah memberikan
aspirasi bagi kami untuk mengelola bisnis. Hal ini diperkuat peraturan kami
dalam prinsip-prinsip bisnis yang menjelaskan standar operasional yang diikuti
semua karyawan Unilever, dimanapun mereka berada diseluruh dunia. Aturan ini
juga mendukung pendekatan kami pada pemerintah serta tanggung jawab corporate.
Bekerja dengan yang lain
Kami ingin bekerja dengan para penyedia sumber daya
yang memiliki nilai dan standar yang sama dengan kami dalam bekerja. Peraturan
tentang rekanan bisnis, sejalan dengan peraturan prinsip bisnis kami, terdiri
dari sepuluh prinsip yang meliputi integritas bisnis dan tanggung jawab yang
berhubungan dengan karyawan, konsumen dan lingkungan.
SALAH SATU Brand UNILEVER
Makanan
"Unilever adalah salah satu
dari perusahaan produsen produk makanan terkemuka dunia. Semangat kami untuk
memahami apa yang diinginkan dan diperlukan masyarakat dari makanan mereka -
dan apa yang mereka sukai darinya membuat brand-brand kami menjadi pilihan
masyarakat."
Bango
Bango, benar-benar kecap.
Blue Band
Blue band satukan hati bersama anak-anak.
Buavita
Buavita jus buah yang enak dan berkualitas
Royco
Memberdayakan wanita Indonesia dan membantu memenuhi
kebutuhan gizi keluarga
Sariwangi
Hangatnya kebersamaan bersama Sariwangi.
Taro
Taro adalah salah satu merek makanan ringan unggulan di Indonesia.
Wall's
Wall’s membawa keceriaan dan kegembiraan dalam kebersamaan.
Dampak Ekonomi pada masyarakat
Dampak & kesempatan
Para karyawan,
pemerintah, investor dan banyak lainnya mendapat keuntungan secara ekonomi dari
aktivitas kami. Kesempatan yang bertumbuh untuk memenuhi kebutuhan para
konsumen berpendapatan rendah dalam pasar berkembang dan meningkat. Baik
melalui saluran distribusi baru, menggunakan format lebih kecil atau
menciptakan produk baru, kami mencoba mengembangkan model bisnis untuk mencapai
anggota masyarakat paling miskin.
Dampak ekonomi: kenyataan & gambaran
Para karyawan, pemerintah, investor dan banyak lainnya
mendapat keuntungan secara ekonomi dari aktivitas kami.
Pendidikan dampak ekonomi negara
Ada debat yang lama mengenai bagaimana perusahaan besar
multinasional memberikan sumbangsih pada ekonomi lokal dan kehidupan
orang-orang biasa.
Mendukung badan usaha mikro
Banyak perusahaan dan petani kecil menyediakan produk mereka
bagi kami. Kami bekerja dengan banyak dari mereka untuk meningkatkan kemampuan
dan pendapatan mereka.
Produk yang terjangkau
Orang-orang dimana-mana, apapun level pendapatan mereka,
bertujuan menggunakan produk berkualitas tinggi dan inovatif pada acara dimana
berpenampilan baik dan merasa nyaman menjadi penting.
Kebijakan pajak & penentuan harga transfer
Disini kami membentuk pendekatan kami pada dua isu yang
berhubungan dengan hasil proses ekonomi kami yang mungkin penting diperhatikan
beberapa pihak terkait.
Contact Us
Alamat
: Graha Unilever Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav.
15
Jakarta 12930
Telepon
: (021) 526 2112
Faksimili
: (021) 526 2044
Bidang
Usaha : Kosmetik dan Kebutuhan Rumah Tangga
Kantor Cabang
Pabrik
: Jl Rungkut Industri IV/5-11 Tenggilis Mejoyo
Surabaya Jawa
Timur
Comments