Contoh Pendahuluan Laporan Akhir Praktik Kegiatan Keaksaraan Fungsional



BAB I
PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang Masalah
            Salah satu kompetensi yang seyogianya dimiliki para lulusan Program S1 PGSD adalah kompetensi sosial, yaitu bagaimana para lulusan dapat memberi kontribusi secara aktif dalam mengembangkan masyarakat disekitarnya dengan mempraktikan segala ilmu yang telah diperoleh saat mengikuti pendidikan pada Program S1 PGSD, sehingga kita sebagai mahasiswa Program S1 PGSD harus mengasah berbagai keterampilan yang dapat mengembangkan kemampuan masyarakat.
            Program Pendidikan Masyarakat yang menjadi substansi praktik mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan salah satunya Program Pemberantasan Buta Aksara. Buta Aksara merupakan suatu masalah nasional yang sampai saat ini belum tuntas sepenuhnya, maka dari itu untuk mengatasi masalah buta aksara pemerintah mengadakan Program Keaksaraan Fungsional yang diadakan di desa-desa yang masih banyak masyarakat buta huruf, dengan adanya program ini diharapkan masyarakat bisa membaca, menulis, berhitung dan berkomunikasi sehingga dapat meningkatkan mutu dan taraf kehidupannya.

B.  Permasalahan
            Permasalahan yang saat ini terjadi di Indonesia adalah tingginya tingkat warga buta aksara yang disebabkan oleh tingkat kemiskinan sehingga sebagian waktunya digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasarnya, juga disebabkan oleh terisolasinya kediaman penduduk sehingga sulit memperoleh akses pendidikan keaksaraan.
            Masyarakat yang buta aksara jarang sekali mengakui secara terbuka bahwa dirinya buta huruf dan berkeinginan kuat untuk belajar calistung (baca, tulis, dan berhitung). Untuk memotivasi pembelajaran mereka maka diperlukan suatu pendekatan yang sesuai dengan karakter dan kultur yang ada dalam masyarakat agar buta aksara dapat diperkecil.



BAB II
METODE KEGIATAN


A.  Tahap Persiapan
      1.   Ijin kepada Kepala Desa Prapag Kidul untuk melaksanakan praktik keaksaraan fungsional
      2.   Mencari data calon warga belajar
      3.   Membuat kesepakatan belajar
      4.   Menyusun rencana pembelajaran
      5.   Menyiapkan instrumen penilaian

B.  Tahap Pelaksanaan
      1.   Praktik keaksaraan dilaksanakan di SDN Prapag Kidul 2, setiap satu minggu dua kali pertemuan pada hari Jumat dan Sabtu, pukul 15.00 – 17.00 WIB
      2.   Mengecek kembali identitas warga belajar
      3.   Melaksanakan penilaian
      4.   Melakukan pemeriksaan terhadap hasil penilaian kemajuan belajar
      5.   Melakukan refleksi atas tingkat kemajuan belajar

C.  Tahap Tindak Lanjut
            Seteolah melakukan penilaian dan refleksi kita menentukan langkah lanjutan untuk keberhasilan proses belajar selanjutnya.
      1.   Bagi warga belajar yang belum berhasil dilakukan remedial dengan mengulang kembali pelajaran yang telah lalu
      2.   Bagi warga belajar yang berhasil dapat melanjutkan pelajaran berikutnya atau naik ke tahap berikutnya (tahap keaksaraan lanjut)








BAB III
PEMBAHASAN HASIL KEGIATAN


A.  Gambaran Umum
            Letak geografis Desa Prapag Kidul berada di tepi laut, merupakan dataran rendah, lingkungan sekitar pemukiman sedikit kumuh. Hal ini karena wkatu pasang surut air laut menggenangi pemukiman, serta kondisi jalan yang rusak.
            Pada umumnya warga Desa Prapag Kidul yang hidupnya didekat laut bermata pencaharian sebagai nelayan. Penghasilan tiap hari yang mereka peroleh kadang tak menentu sehingga kondisi ekonomi warga masih banyak kekurangan, mereka hanya bergantung pada hasil laut.
            Tingkat kesadaran warga akan pendidikan sangat kurang, hal ini dilihat dari banyaknya anak usia SD tidak sekolah.
            Karakter warga ramah-ramah tapi ada juga yang egois dan ada juga yang saling bantu membantu.

B.  Pembahasan
            Dalam melakukan kegiatan keaksaraan fungsional pertama yang harus kita lakukan adalah mencari warga belajar, setelah didapat kemudian kita mencacat identitas warga belajar. Kedua kita membuat kesepakatan belajar antara warga belajar, setelah terjadi kesepakatan yang ketiga kita membuat jadwal belajar. Keempat kita membuat rencana pembelajaran. Keenam kita melakukan proses belajar mengajar, ketujuh melakukan evaluasi.
            Dari serangkaian kegiatan di atas kita bisa mengetahui jumlah warga belajar yang berhasil maupun yang belum berhasil.
      -     Warga belajar yang berhasil = 9 orang
      -     Warga belajar yang belum berhasil  = 1 orang







BAB IV
PENUTUP


A.  KESIMPULAN
            Berdasarkan dari hasil kegiatan keaksaraan fungsional dapat disimpulkan bahwa :
      1.   Tingkat baca, tulis dan hitung warga belajar sudah cukup
      2.   Pada umumnya warga bekerja sebagai nelayan atau petani
      3.   Karakter warga belajar ramah-ramah
      4.   Ekonomi warga belajar di bawah rata-rata

B.  SARAN
            Untuk menindaklanjuti dari kegiatan keaksaraan fungsional ini :
      1.   Pemerintah diharapkan terus mengadakan pendidikan gratis supaya warga yang kurang mampu bisa mendapat pendidikan yang lebih tinggi.
      2.   Kegiatan keaksaraan fungsional tetap berlangsung terus demi terwujudnya masyarakat yang maju dan cerdas.
      3.   Diharapkan pihak-pihak yang berkaitan dengan dunia pendidikan lebih memperhatikan warga yang putus sekolah.
      3.   Pemerintah memberikan fasilitas pendidikan secara gratis bagi warga yang kurang mampu.
     












DAFTAR PUSTAKA


Hatimah Ihat, dkk. 2008. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta : Universitas Terbuka

Jaruki Muhammad. 2008. Bahasa Kita Bahasa Indonesia. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional

Seputra Theresia MHT. 2004. Matematika. Jakarta. Depdiknas

























Lampiran 1
DATA CALON WARGA BELAJAR
PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL

Nama Kelurahan      :     Kuda Laut                                                    Kecamatan      :     Losari
Desa                         :     Prapag Kidul                                                Kabupaten       :     Brebes
Kelas                        :     Pemberantasan

No.
Urut

Nama

L/P
Tanggal.Lahir
Usia
Alamat
Pendidikan Terakhir
1.
Duriah
P
25-10-1983
26
Prapag Kidul RT.05/02
DO
2.
Sopini
P
20-11-1962
47
Prapag Kidul RT.05/02
DO
3.
Wartiah
P
15-10-1981
28
Prapag Kidul RT.05/03
DO
4.
Arminah
P
15-07-1972
37
Prapag Kidul RT.05/02
DO
5.
Marini
P
10-10-1980
29
Prapag Kidul RT.05/02
DO
6.
Kunasih
P
19-09-1967
42
Prapag Kidul RT.05/02
DO
7.
Isem
P
01-04-1985
24
Prapag Kidul RT.05/02
DO
8.
Daminah
P
03-05-1979
30
Prapag Kidul RT.05/02
DO
9.
Daeri
P
07-06-1972
37
Prapag Kidul RT.05/02
DO
10.
Casmini
P
17-09-1972
37
Prapag Kidul RT.05/02
DO

Mahasiswa




U m i n a h
NIM. 817467747


Mengetahui,
Penilik PLS
Kecamatan Losari




H. Munaseh, S.Pd
NIP. 131182984
Dosen Pengampu





Rafika Bayu Kusumandari, M.Pd
NIP. 132303197


Lampiran 2
KESEPAKATAN BELAJAR

            Nama Pokjar                     :     Kuda Laut
            Alamat Pokjar                   :     Prapag Kidul
            Nama Tutor                       :     Uminah
            Jumlah Warga Belajar       :     10 orang
            Waktu Belajar                   :     2 kali seminggu
                                                            Hari Jumat, dan Hari Sabtu                                                     Pukul 15.00 – 17.00
Materi yang Diminati
Warga Belajar
Jumlah Pertemuan
Nara Sumber / Bahan / Media
1. Baca
6 kali
Uminah / Buku / Gambar
2. Tulis
5 kali
Uminah / Buku / Gambar
3. Hitung
6 kali
Uminah / Buku / Gambar

Nama Warga Belajar
Tanda Tangan
1. Sartini

2. Ramsiyah

3. Warini

4. Roeni

5. Da’ah

6. Tarsumi

7. Lapiah

8. Marini

9. Wasiah

10. Kunasih


Mengetahui,
Pengelola




H. Caslan

Tutor,




Uminah



Lampiran 3
JADWAL BELAJAR
KELOMPOK BELAJAR “KUDA LAUT”

No.
Hari
Waktu
Kegiatan
Tutor

1.
2.


Jumat
Sabtu


15.00 – 17.00
15.00 – 17.00


Membaca dan Menulis
Belajar Berhitung


Uminah


      Belajar membaca dan menulis hari Jumat pukul 15.00 – 17.00.
      Hari Sabtu tentang belajar berhitung, dibimbing oleh tutor bernama Uminah.
      Nama kelompok belajarnya adalah Kuda Laut.























Lampiran 4
RENCANA PEMBELAJARAN

            Mata Pelajaran               :     Menulis
            Tingkat                           :     Keaksaraan Dasar
            Standar Kompetensi       :     Mampu membaca dan menulis kata, serta berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dalam konteks kehidupan sehari-hari

Pertemuan /
Jam
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Metode / Materi
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
2 jam
Menulis kata tanpa bantuan orang lain
Menulis huruf vokal dan konsonan
Warga belajar mampu menulis huruf vokal dan konsonan
Metode :
- Ceramah bervariasi
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Tugas
Materi :
Huruf vokal
Huruf.konsonan
-   Warga belajar praktik menulis huruf vokal dan konsonan
-   Warga belajar bermain kartu huruf
-   Warga belajar menyusun huruf menjadi kata
Pertemuan 2
2 jam

Menulis suku kata
Warga belajar mampu menulis suku kata
Metode :
- Ceramah bervariasi
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Tugas
Materi :
Suku kata

-   Warga belajar menulis kata berdasarkan gambar
-   Warga belajar menunjukkan gambar sesuai dengan namanya
-   Warga belajar praktik mem-baca suku kata dengan benar
Pertemuan 3
2 jam

Menulis minimal tiga kata yang ada di lingkungan setempat
Warga belajar mampu menulis tiga kata yang ada di lingkungan sekitar
Metode :
- Ceramah
- Tanya jawab
- Tugas

-   Warga belajar praktik menulis minimal tiga kata yang ada di lingkungan sekitar
-   Warga belajar praktik menyusun kata menjadi kalimat sederhana


Pertemuan /
Jam
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Metode / Materi
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 4
2 jam
Mampu menulis identitas diri dan alamat
Menulis nama dan alamat sendiri, saudara atau teman
Warga belajar mampu menulis nama dan alamat
Warga belajar mampu men-gisi formulir sederhana nama, alamat, umur, anggota keluarga
Metode :
- Ceramah bervariasi
- Tanya jawab
- Tugas
- Diskusi
Materi :
- Diri sendiri
- Contoh formulir
-   Warga belajar mampu menulis nama dan alamat sendiri, saudara atau teman
-   Warga belajar praktik mengisi formulir sederhana yang berisi nama, alamat, umur, anggota keluarga
Pertemuan 5
2 jam
Menulis angka 1-100
Menulis angka 1-20
Menulis angka              21-50
Menulis angka
51-100
- Warga belajar mampu menulis angka 1-20
- Warga belajar mampu menulis angka 21-50
- Warga belajar mampu menulis angka 51-100
Metode :
- Ceramah
- Tanya jawab
- Latihan
- Tugas
Materi :
Angka-angka atau lambang bilangan 

-   Warga belajar praktik menuliskan angka berdasarkan gambar
-   Warga belajar menyusun angka secara berurutan dari terkecil sampai terbesar
Pertemuan 6
2 jam

Memahami arti papan nama, label, merek, poster, lambang
Warga belajar memahami arti papan nama, label, merek, poster, lambang
Metode :
- Ceramah
- Demonstrasi
- Diskusi
- Tugas
-   Warga belajar mendemons- trasikan petunjuk berdasarkan gambar
-   Warga belajar mendiskusikan isi poster
-   Warga belajar memberikan petunjuk melalui gambar, papan nama, label, merek, lambang



Lampiran 5
RENCANA PEMBELAJARAN

            Mata Pelajaran               :     Membaca
            Tingkat                           :     Keaksaraan Dasar
            Standar Kompetensi       :     Mampu membaca dan menulis kata, serta berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dalam konteks sehari-hari

Pertemuan /
Jam
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Metode / Materi
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 7
2 jam
Mampu membaca kata dengan lancar
Membaca huruf vokal dan konsonan abjad latin dengan lancar
Warga belajar mampu membaca huruf vokal dan konsonan abjad latin dengan lancar
Metode :
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tugas
Materi :
Huruf, teks lagu dan gambar
-   Warga belajar bermain kartu huruf
-   Warga belajar bernyanyi
-   Warga belajar menggambar
-   Warga belajar melafalkan huruf
Pertemuan 8
2 jam

Mengenal dan membaca suku kata yang terdiri atas dua suku kata
Warga belajar mampu mengenal dan membaca suku kata yang terdiri atas dua suku kata
Metode :
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tugas
Materi :
Gambar, lagu teks, suku kata

-   Warga belajar melafalkan suku kata
-   Warga belajar bermain suku kata
-   Warga belajar menggambar
-   Warga belajar bernyanyi
Pertemuan 9
2 jam

Membaca kata yang terdiri atas tiga suku kata
Warga belajar mampu membaca kata yang terdiri atas tiga suku kata
Metode :
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tugas

-   Warga belajar bermain kata yang dikenal di lingkungan setempat
-   Warga belajar bermain kartu kata
-   Warga belajar mengacak kata





Pertemuan /
Jam
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Metode / Materi
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 10
2 jam

Membaca 3 kata ber-imbuhan
Warga belajar mampu membaca 3 kata ber-imbuhan
Metode :
- Ceramah
- Demonstrasi
- Latihan
- Tugas
Materi :
- Kata berimbuhan
- Gambar
-   Warga belajar membaca gambar
-   Warga belajar menyebutkan kata yang sesuai dengan gambar
-   Warga belajar menjodohkan kata dengan gambar
-   Warga belajar memperagakan kata melalui gerakan
Pertemuan 11
2 jam
Membaca dan memahami petunjuk sederhana
Membaca papan nama, arah, label,.merek, poster sederhana
Warga belajar mampu membaca papan nama, arah, label, merek, poster sederhana
Metode :
- Ceramah
- Demonstrasi
- Diskusi

-   Warga belajar memahami berbagai jenis papan nama, arah, merek, poster berdasar
    kan gambar
-   Warga belajar memperagakan cara membaca berbagai jenis papan nama, arah, merek, poster berdasar
    kan gambar
-   Warga belajar menjodohkan kata dengan gambar
-   Warga belajar bermain kata dengan gambar



Lampiran 6
RENCANA PEMBELAJARAN

            Mata Pelajaran               :     Berhitung
            Tingkat                           :     Keaksaraan Dasar
            Standar Kompetensi       :     Mampu melakukan perhitungan dasar (penambahan dan pengurangan)

Pertemuan /
Jam
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Metode / Materi
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 12
2 jam
Menghitung, mengurutkan, membacakan dan menulis-kan banyak objek dengan lambang  bilangan hingga dua digit (1-20)
Menghitung banyak objek secara berurutan (bilangan 1-20)
Warga belajar memiliki kecakapan menghitung banyak objek di lingkungan sekitar secara berurutan (bilangan 1-20)
Metode :
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
Materi :
- Lambang bilangan
- Gambar
-   Tutor memper-lihatkan sejumlah objek di lingkungan sekitar
-   Warga belajar menghitung jumlah objek tersebut (bilangan 1-20)
Membaca dan menulis lambang bilangan hingga dua digit  
Warga belajar memiliki kecakapan dalam membaca dan menuliskan lambang bilangan hingga dua digit
Metode :
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi

-   Warga belajar aktif membaca lambang  bilangan dalam kata-kata dan angka hingga dua digit
-   Warga belajar aktif menulis lambang bilangan dalam kata-kata dan angka
Pertemuan 13
2 jam

Membanding kan dua kumpulan objek hitung menyatakan dalam istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak
Warga belajar mampu membanding-kan banyak objek yang ada di lingku-ngannya dalam istilah banyak, lebih sedikit atau sama banyak
Metode :
- Ceramah
- Diskusi
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Tugas
Materi :
Pengukuran

Warga belajar menyatakan secara lisan dan tulisan dalam istilah “lebih banyak”, “lebih sedikit”, atau sama banyak  




Pertemuan /
Jam
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Metode / Materi
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 14
2 jam

Mengurutkan lambang bilangan dari terkecil atau terbesar hingga dua digit
Warga belajar memiliki kecakapan mengurutkan lambang bila-ngan dari terkecil atau terbesar hing-ga dua digit
Metode :
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Tugas

Warga belajar mengurutkan serangkaian lambang bilang-an yang disajikan dari terkecil hingga atau sebaliknya hingga dua digit
Menyusun gambar berdasarkan banyak objek dari terkecil atau terbesar
Warga belajar memiliki kecakapan menyusun gambar berdasarkan banyak objek dari terkecil atau terbesar
Metode :
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
Materi :
Mengurutkan lambang bilangan

- Tutor menye-diakan beberapa  gambar yang masing-masing memiliki sejumlah objek
- Warga belajar diminta meng-urutkan gambar berdasarkan objek dari terkecil hingga terbesar atau sebaliknya
Pertemuan 15
2 jam
Menjumlah dan mengurangi bilangan menggunakan simbol “+,-dan =” hingga duia digit (1-20)
Menyatakan contoh dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
Warga belajar memiliki kecakapan menyatakan contoh dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
Metode :
- Ceramah
- Tanya jawab
- Tugas
Materi :
Penjumlahan dan pengurangan
- Warga belajar menyatakan secara lisan contoh soal dalam kehidu-pan sehari-hari berkaitan dengan penjum-lahan dan pengurangan
- Warga belajar mengerjakan tugas









Pertemuan /
Jam
Kompetensi
Dasar
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Metode / Materi
Kegiatan Pembelajaran


Membaca, menuliskan dan meng-gunakan simbol “+,-dan =” dalam mengerjakan penjumlahan dan pengura-ngan hingga dua digit
Warga belajar memiliki kecakapan membaca menuliskan dan meng-gunakan simbol “+,-dan =” dalam mengerjakan penjumlahan dan pengura-ngan hingga dua digit  
Metode :
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Tugas
Materi :
Penjumlahan dan pengurangan
- Tutor memper-lihatkan sekumpulan objek yang sama
- Kemudian warga belajar menuliskan dan membacakan-nya dalam lambang  bilangan dengan simbol “+,-dan =” hingga diua digit
- Warga belajar mengerjakan tugas
Pertemuan 16
2 jam

Menghitung penjumlahan atau pengu-rangan bilangan hingga dua digit dengan metode susun kebawah
Warga belajar memiliki kecakapan menghitung penjumlahan atau pengura-ngan bilangan hingga dua digit dengan metode susun ke bawah
Metode :
- Ceramah
- Tanya jawab
-Demonstrasi
Warga belajar menghitung penjumlahan atau pengurangan bilangan dua digit dengan menggunakan metode penulisan lambang bilangan susun ke bawah
Pertemuan 17
2 jam
Mengenal satuan waktu
Mengenal satuan waktu seperti tahun, bulan, minggu, hari, dan jam
Warga mampu mengenal waktu seperti tahun, bulan, minggu, hari, dan jam
Metode :
- Ceramah
- Tanya jawab
-Tugas
Materi :
Satuan waktu
- Tutor memper-kenalkan nama-nama bulan dan jumlah hari da-lam satu bulan
- Tutor memper-kenalkan jumlah bulan dalam satu tahun, jumlah hari dalam satu minggu, jumlah jam dalam satu hari
- Warga belajar mengerjakan tugas

Lampiran 7

FOTO KEGIATAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL
































Lampiran 8

IDENTITAS WARGA BELAJAR YANG LULUS

Nama                                       :     ……………………………………
Tanggal Lahir                          :     ……………………………………
Tempat Lahir                           :     ……………………………………
Umur                                       :     ……………………………………
Jenis Kelamin                          :     Laki / Perempuan
Alamat                                     :     ……………………………………
                                                      ……………………………………

Status dalam Keluarga :
1. Suami
4. Orang tua
2. Istri
5. Lain-lain
3. Anak

Status Perkawinan :
1. Kawin
2. Tidak Kawin
3. Duda / Janda


Pekerjaan                                :     ……………………………………
Keterampilan yang dimiliki     :     ……………………………………





Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH Sejarah Singkat Berdirinya Bengkel

DRAMA SINGKAT 5 ORANG (Menghindari Gibah (Gosip))

ANALISA PELUANG USAHA PERANGKAT KERAS