Contoh Pendahuluan Laporan Akhir Praktik Kegiatan Keaksaraan Fungsional
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Salah satu kompetensi yang
seyogianya dimiliki para lulusan Program S1 PGSD adalah kompetensi sosial,
yaitu bagaimana para lulusan dapat memberi kontribusi secara aktif dalam
mengembangkan masyarakat disekitarnya dengan mempraktikan segala ilmu yang
telah diperoleh saat mengikuti pendidikan pada Program S1 PGSD, sehingga kita
sebagai mahasiswa Program S1 PGSD harus mengasah berbagai keterampilan yang
dapat mengembangkan kemampuan masyarakat.
Program Pendidikan Masyarakat yang
menjadi substansi praktik mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan
salah satunya Program Pemberantasan Buta Aksara. Buta Aksara merupakan suatu
masalah nasional yang sampai saat ini belum tuntas sepenuhnya, maka dari itu
untuk mengatasi masalah buta aksara pemerintah mengadakan Program Keaksaraan
Fungsional yang diadakan di desa-desa yang masih banyak masyarakat buta huruf,
dengan adanya program ini diharapkan masyarakat bisa membaca, menulis,
berhitung dan berkomunikasi sehingga dapat meningkatkan mutu dan taraf
kehidupannya.
B. Permasalahan
Permasalahan
yang saat ini terjadi di Indonesia
adalah tingginya tingkat warga buta aksara yang disebabkan oleh tingkat
kemiskinan sehingga sebagian waktunya digunakan untuk memenuhi kebutuhan
dasarnya, juga disebabkan oleh terisolasinya kediaman penduduk sehingga sulit
memperoleh akses pendidikan keaksaraan.
Masyarakat yang buta aksara jarang
sekali mengakui secara terbuka bahwa dirinya buta huruf dan berkeinginan kuat
untuk belajar calistung (baca, tulis, dan berhitung). Untuk memotivasi
pembelajaran mereka maka diperlukan suatu pendekatan yang sesuai dengan
karakter dan kultur yang ada dalam masyarakat agar buta aksara dapat
diperkecil.
BAB II
METODE
KEGIATAN
A. Tahap
Persiapan
1. Ijin
kepada Kepala Desa Prapag Kidul untuk melaksanakan praktik keaksaraan
fungsional
2. Mencari
data calon warga belajar
3. Membuat
kesepakatan belajar
4. Menyusun
rencana pembelajaran
5. Menyiapkan
instrumen penilaian
B. Tahap Pelaksanaan
1. Praktik
keaksaraan dilaksanakan di SDN Prapag Kidul 2, setiap satu minggu dua kali
pertemuan pada hari Jumat dan Sabtu, pukul 15.00 – 17.00 WIB
2. Mengecek
kembali identitas warga belajar
3. Melaksanakan
penilaian
4. Melakukan
pemeriksaan terhadap hasil penilaian kemajuan belajar
5. Melakukan
refleksi atas tingkat kemajuan belajar
C. Tahap Tindak Lanjut
Seteolah
melakukan penilaian dan refleksi kita menentukan langkah lanjutan untuk
keberhasilan proses belajar selanjutnya.
1. Bagi
warga belajar yang belum berhasil dilakukan remedial dengan mengulang kembali
pelajaran yang telah lalu
2. Bagi
warga belajar yang berhasil dapat melanjutkan pelajaran berikutnya atau naik ke
tahap berikutnya (tahap keaksaraan lanjut)
BAB
III
PEMBAHASAN
HASIL KEGIATAN
A. Gambaran Umum
Letak
geografis Desa Prapag Kidul berada di tepi laut, merupakan dataran rendah,
lingkungan sekitar pemukiman sedikit kumuh. Hal ini karena wkatu pasang surut
air laut menggenangi pemukiman, serta kondisi jalan yang rusak.
Pada umumnya warga Desa Prapag Kidul
yang hidupnya didekat laut bermata pencaharian sebagai nelayan. Penghasilan
tiap hari yang mereka peroleh kadang tak menentu sehingga kondisi ekonomi warga
masih banyak kekurangan, mereka hanya bergantung pada hasil laut.
Tingkat kesadaran warga akan
pendidikan sangat kurang, hal ini dilihat dari banyaknya anak usia SD tidak
sekolah.
Karakter warga ramah-ramah tapi ada
juga yang egois dan ada juga yang saling bantu membantu.
B. Pembahasan
Dalam melakukan kegiatan keaksaraan
fungsional pertama yang harus kita lakukan adalah mencari warga belajar,
setelah didapat kemudian kita mencacat identitas warga belajar. Kedua kita
membuat kesepakatan belajar antara warga belajar, setelah terjadi kesepakatan
yang ketiga kita membuat jadwal belajar. Keempat kita membuat rencana
pembelajaran. Keenam kita melakukan proses belajar mengajar, ketujuh melakukan
evaluasi.
Dari serangkaian kegiatan di atas
kita bisa mengetahui jumlah warga belajar yang berhasil maupun yang belum
berhasil.
- Warga
belajar yang berhasil = 9 orang
- Warga
belajar yang belum berhasil = 1 orang
BAB
IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Berdasarkan dari hasil kegiatan
keaksaraan fungsional dapat disimpulkan bahwa :
1. Tingkat
baca, tulis dan hitung warga belajar sudah cukup
2. Pada
umumnya warga bekerja sebagai nelayan atau petani
3. Karakter
warga belajar ramah-ramah
4. Ekonomi
warga belajar di bawah rata-rata
B. SARAN
Untuk
menindaklanjuti dari kegiatan keaksaraan fungsional ini :
1. Pemerintah
diharapkan terus mengadakan pendidikan gratis supaya warga yang kurang mampu
bisa mendapat pendidikan yang lebih tinggi.
2. Kegiatan
keaksaraan fungsional tetap berlangsung terus demi terwujudnya masyarakat yang
maju dan cerdas.
3. Diharapkan
pihak-pihak yang berkaitan dengan dunia pendidikan lebih memperhatikan warga
yang putus sekolah.
3. Pemerintah
memberikan fasilitas pendidikan secara gratis bagi warga yang kurang mampu.
DAFTAR
PUSTAKA
Hatimah Ihat,
dkk. 2008. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta : Universitas Terbuka
Jaruki
Muhammad. 2008. Bahasa Kita Bahasa Indonesia. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional
Seputra
Theresia MHT. 2004. Matematika. Jakarta.
Depdiknas
Lampiran 1
DATA
CALON WARGA BELAJAR
PROGRAM
KEAKSARAAN FUNGSIONAL
Nama
Kelurahan : Kuda Laut Kecamatan : Losari
Desa : Prapag Kidul Kabupaten : Brebes
Kelas : Pemberantasan
No.
Urut
|
Nama
|
L/P
|
Tanggal.Lahir
|
Usia
|
Alamat
|
Pendidikan
Terakhir
|
1.
|
Duriah
|
P
|
25-10-1983
|
26
|
Prapag
Kidul RT.05/02
|
DO
|
2.
|
Sopini
|
P
|
20-11-1962
|
47
|
Prapag Kidul RT.05/02
|
DO
|
3.
|
Wartiah
|
P
|
15-10-1981
|
28
|
Prapag Kidul RT.05/03
|
DO
|
4.
|
Arminah
|
P
|
15-07-1972
|
37
|
Prapag Kidul RT.05/02
|
DO
|
5.
|
Marini
|
P
|
10-10-1980
|
29
|
Prapag Kidul RT.05/02
|
DO
|
6.
|
Kunasih
|
P
|
19-09-1967
|
42
|
Prapag Kidul RT.05/02
|
DO
|
7.
|
Isem
|
P
|
01-04-1985
|
24
|
Prapag Kidul RT.05/02
|
DO
|
8.
|
Daminah
|
P
|
03-05-1979
|
30
|
Prapag Kidul RT.05/02
|
DO
|
9.
|
Daeri
|
P
|
07-06-1972
|
37
|
Prapag Kidul RT.05/02
|
DO
|
10.
|
Casmini
|
P
|
17-09-1972
|
37
|
Prapag Kidul RT.05/02
|
DO
|
Mahasiswa
U
m i n a h
NIM.
817467747
Mengetahui,
Penilik
PLS
Kecamatan
Losari
H.
Munaseh, S.Pd
NIP.
131182984
|
Dosen
Pengampu
Rafika
Bayu Kusumandari, M.Pd
NIP.
132303197
|
Lampiran
2
KESEPAKATAN
BELAJAR
Nama Pokjar : Kuda
Laut
Alamat Pokjar : Prapag
Kidul
Nama Tutor : Uminah
Jumlah Warga Belajar : 10
orang
Waktu Belajar : 2 kali
seminggu
Hari
Jumat, dan Hari Sabtu Pukul
15.00 – 17.00
Materi
yang Diminati
Warga
Belajar
|
Jumlah
Pertemuan
|
Nara Sumber /
Bahan / Media
|
1.
Baca
|
6
kali
|
Uminah
/ Buku / Gambar
|
2.
Tulis
|
5
kali
|
Uminah
/ Buku / Gambar
|
3.
Hitung
|
6
kali
|
Uminah
/ Buku / Gambar
|
Nama Warga Belajar
|
Tanda Tangan
|
1.
Sartini
|
|
2.
Ramsiyah
|
|
3.
Warini
|
|
4.
Roeni
|
|
5.
Da’ah
|
|
6.
Tarsumi
|
|
7.
Lapiah
|
|
8.
Marini
|
|
9.
Wasiah
|
|
10.
Kunasih
|
Mengetahui,
Pengelola
H.
Caslan
|
Tutor,
Uminah
|
Lampiran
3
JADWAL
BELAJAR
KELOMPOK
BELAJAR “KUDA LAUT”
No.
|
Hari
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Tutor
|
1.
2.
|
Jumat
Sabtu
|
15.00
– 17.00
15.00
– 17.00
|
Membaca
dan Menulis
Belajar
Berhitung
|
Uminah
|
Belajar membaca dan menulis hari Jumat
pukul 15.00 – 17.00.
Hari Sabtu tentang belajar berhitung,
dibimbing oleh tutor bernama Uminah.
Nama kelompok belajarnya adalah Kuda Laut.
Lampiran 4
RENCANA
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Menulis
Tingkat : Keaksaraan Dasar
Standar Kompetensi : Mampu
membaca dan menulis kata, serta berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia
dalam konteks kehidupan sehari-hari
Pertemuan /
Jam
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Metode /
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pertemuan
1
2
jam
|
Menulis
kata tanpa bantuan orang lain
|
Menulis
huruf vokal dan konsonan
|
Warga
belajar mampu menulis huruf vokal dan konsonan
|
Metode
:
- Ceramah
bervariasi
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Tugas
Materi :
Huruf vokal
Huruf.konsonan
|
- Warga belajar praktik menulis huruf vokal dan konsonan
- Warga belajar bermain kartu huruf
- Warga belajar menyusun huruf menjadi kata
|
Pertemuan
2
2
jam
|
Menulis
suku kata
|
Warga
belajar mampu menulis suku kata
|
Metode
:
- Ceramah
bervariasi
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Tugas
Materi :
Suku kata
|
- Warga
belajar menulis kata berdasarkan gambar
- Warga
belajar menunjukkan gambar sesuai dengan namanya
- Warga
belajar praktik mem-baca suku kata dengan benar
|
|
Pertemuan
3
2
jam
|
Menulis
minimal tiga kata yang ada di lingkungan setempat
|
Warga
belajar mampu menulis tiga kata yang ada di lingkungan sekitar
|
Metode
:
- Ceramah
- Tanya jawab
- Tugas
|
- Warga
belajar praktik menulis minimal tiga kata yang ada di lingkungan sekitar
- Warga
belajar praktik menyusun kata menjadi kalimat sederhana
|
Pertemuan /
Jam
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Metode /
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pertemuan
4
2
jam
|
Mampu
menulis identitas diri dan alamat
|
Menulis
nama dan alamat sendiri, saudara atau teman
|
Warga
belajar mampu menulis nama dan alamat
Warga
belajar mampu men-gisi formulir sederhana nama, alamat, umur, anggota
keluarga
|
Metode
:
- Ceramah
bervariasi
- Tanya jawab
- Tugas
- Diskusi
Materi :
- Diri sendiri
- Contoh formulir
|
- Warga
belajar mampu menulis nama dan alamat sendiri, saudara atau teman
- Warga
belajar praktik mengisi formulir sederhana yang berisi nama, alamat, umur,
anggota keluarga
|
Pertemuan
5
2
jam
|
Menulis
angka 1-100
|
Menulis
angka 1-20
Menulis
angka 21-50
Menulis
angka
51-100
|
- Warga belajar mampu menulis angka 1-20
- Warga belajar mampu menulis angka 21-50
- Warga belajar mampu menulis angka 51-100
|
Metode
:
- Ceramah
- Tanya jawab
- Latihan
- Tugas
Materi :
Angka-angka
atau lambang bilangan
|
- Warga
belajar praktik menuliskan angka berdasarkan gambar
- Warga
belajar menyusun angka secara berurutan dari terkecil sampai terbesar
|
Pertemuan
6
2
jam
|
Memahami
arti papan nama, label, merek, poster, lambang
|
Warga
belajar memahami arti papan nama, label, merek, poster, lambang
|
Metode :
- Ceramah
- Demonstrasi
- Diskusi
- Tugas
|
- Warga
belajar mendemons- trasikan petunjuk berdasarkan gambar
- Warga
belajar mendiskusikan isi poster
- Warga
belajar memberikan petunjuk melalui gambar, papan nama, label, merek, lambang
|
Lampiran 5
RENCANA
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Membaca
Tingkat : Keaksaraan
Dasar
Standar Kompetensi : Mampu
membaca dan menulis kata, serta berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia
dalam konteks sehari-hari
Pertemuan /
Jam
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Metode /
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pertemuan
7
2
jam
|
Mampu
membaca kata dengan lancar
|
Membaca
huruf vokal dan konsonan abjad latin dengan lancar
|
Warga
belajar mampu membaca huruf vokal dan konsonan abjad latin dengan lancar
|
Metode
:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tugas
Materi :
Huruf,
teks lagu dan gambar
|
- Warga belajar bermain kartu huruf
- Warga belajar bernyanyi
- Warga belajar menggambar
- Warga belajar melafalkan huruf
|
Pertemuan
8
2
jam
|
Mengenal
dan membaca suku kata yang terdiri atas dua suku kata
|
Warga
belajar mampu mengenal dan membaca suku kata yang terdiri atas dua suku kata
|
Metode
:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tugas
Materi :
Gambar,
lagu teks, suku kata
|
- Warga
belajar melafalkan suku kata
- Warga
belajar bermain suku kata
- Warga
belajar menggambar
- Warga
belajar bernyanyi
|
|
Pertemuan
9
2
jam
|
Membaca
kata yang terdiri atas tiga suku kata
|
Warga
belajar mampu membaca kata yang terdiri atas tiga suku kata
|
Metode
:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tugas
|
- Warga
belajar bermain kata yang dikenal di lingkungan setempat
- Warga
belajar bermain kartu kata
- Warga
belajar mengacak kata
|
Pertemuan /
Jam
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Metode /
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pertemuan
10
2
jam
|
Membaca
3 kata ber-imbuhan
|
Warga
belajar mampu membaca 3 kata ber-imbuhan
|
Metode
:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Latihan
- Tugas
Materi :
- Kata berimbuhan
- Gambar
|
- Warga
belajar membaca gambar
- Warga
belajar menyebutkan kata yang sesuai dengan gambar
- Warga
belajar menjodohkan kata dengan gambar
- Warga belajar
memperagakan kata melalui gerakan
|
|
Pertemuan
11
2
jam
|
Membaca
dan memahami petunjuk sederhana
|
Membaca
papan nama, arah, label,.merek, poster
sederhana
|
Warga
belajar mampu membaca papan nama, arah, label, merek, poster sederhana
|
Metode
:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Diskusi
|
- Warga
belajar memahami berbagai jenis papan nama, arah, merek, poster berdasar
kan gambar
- Warga
belajar memperagakan cara membaca berbagai jenis papan nama, arah, merek,
poster berdasar
kan gambar
- Warga
belajar menjodohkan kata dengan gambar
- Warga
belajar bermain kata dengan gambar
|
Lampiran 6
RENCANA
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Berhitung
Tingkat : Keaksaraan
Dasar
Standar Kompetensi : Mampu
melakukan perhitungan dasar (penambahan dan pengurangan)
Pertemuan /
Jam
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Metode /
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pertemuan
12
2
jam
|
Menghitung,
mengurutkan, membacakan dan menulis-kan banyak objek dengan lambang bilangan hingga dua digit (1-20)
|
Menghitung
banyak objek secara berurutan (bilangan 1-20)
|
Warga
belajar memiliki kecakapan menghitung banyak objek di lingkungan sekitar
secara berurutan (bilangan 1-20)
|
Metode
:
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
Materi :
- Lambang bilangan
- Gambar
|
- Tutor memper-lihatkan sejumlah objek di lingkungan sekitar
- Warga belajar menghitung jumlah objek tersebut (bilangan 1-20)
|
Membaca
dan menulis lambang bilangan hingga dua digit
|
Warga
belajar memiliki kecakapan dalam membaca dan menuliskan lambang bilangan
hingga dua digit
|
Metode
:
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
|
- Warga
belajar aktif membaca lambang bilangan
dalam kata-kata dan angka hingga dua digit
- Warga
belajar aktif menulis lambang bilangan dalam kata-kata dan angka
|
||
Pertemuan
13
2
jam
|
Membanding
kan dua
kumpulan objek hitung menyatakan dalam istilah lebih banyak, lebih sedikit,
atau sama banyak
|
Warga
belajar mampu membanding-kan banyak objek yang ada di lingku-ngannya dalam
istilah banyak, lebih sedikit atau sama banyak
|
Metode
:
- Ceramah
- Diskusi
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Tugas
Materi :
Pengukuran
|
Warga
belajar menyatakan secara lisan dan tulisan dalam istilah “lebih banyak”,
“lebih sedikit”, atau sama banyak
|
Pertemuan /
Jam
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Metode /
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pertemuan
14
2
jam
|
Mengurutkan
lambang bilangan dari terkecil atau terbesar hingga dua digit
|
Warga
belajar memiliki kecakapan mengurutkan lambang bila-ngan dari terkecil atau
terbesar hing-ga dua digit
|
Metode
:
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Tugas
|
Warga
belajar mengurutkan serangkaian lambang bilang-an yang disajikan dari
terkecil hingga atau sebaliknya hingga dua digit
|
|
Menyusun
gambar berdasarkan banyak objek dari terkecil atau terbesar
|
Warga
belajar memiliki kecakapan menyusun gambar berdasarkan banyak objek dari
terkecil atau terbesar
|
Metode
:
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
Materi :
Mengurutkan
lambang bilangan
|
- Tutor
menye-diakan beberapa gambar yang
masing-masing memiliki sejumlah objek
- Warga belajar
diminta meng-urutkan gambar berdasarkan objek dari terkecil hingga terbesar
atau sebaliknya
|
||
Pertemuan
15
2
jam
|
Menjumlah
dan mengurangi bilangan menggunakan simbol “+,-dan =” hingga duia digit
(1-20)
|
Menyatakan
contoh dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan
|
Warga
belajar memiliki kecakapan menyatakan contoh dalam kehidupan sehari-hari
berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
|
Metode
:
- Ceramah
- Tanya jawab
-
Tugas
Materi
:
Penjumlahan
dan pengurangan
|
- Warga belajar menyatakan
secara lisan contoh soal dalam kehidu-pan sehari-hari berkaitan dengan penjum-lahan
dan pengurangan
- Warga belajar
mengerjakan tugas
|
Pertemuan /
Jam
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran
|
Metode /
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Membaca,
menuliskan dan meng-gunakan simbol “+,-dan =” dalam mengerjakan penjumlahan
dan pengura-ngan hingga dua digit
|
Warga
belajar memiliki kecakapan membaca menuliskan dan meng-gunakan simbol “+,-dan
=” dalam mengerjakan penjumlahan dan pengura-ngan hingga dua digit
|
Metode
:
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
-
Tugas
Materi
:
Penjumlahan
dan pengurangan
|
- Tutor
memper-lihatkan sekumpulan objek yang sama
- Kemudian warga
belajar menuliskan dan membacakan-nya dalam lambang bilangan dengan simbol “+,-dan =” hingga
diua digit
- Warga belajar
mengerjakan tugas
|
||
Pertemuan
16
2
jam
|
Menghitung
penjumlahan atau pengu-rangan bilangan hingga dua digit dengan metode susun
kebawah
|
Warga
belajar memiliki kecakapan menghitung penjumlahan atau pengura-ngan bilangan
hingga dua digit dengan metode susun ke bawah
|
Metode
:
- Ceramah
- Tanya jawab
-Demonstrasi
|
Warga
belajar menghitung penjumlahan atau pengurangan bilangan dua digit dengan
menggunakan metode penulisan lambang bilangan susun ke bawah
|
|
Pertemuan
17
2
jam
|
Mengenal
satuan waktu
|
Mengenal
satuan waktu seperti tahun, bulan, minggu, hari, dan jam
|
Warga
mampu mengenal waktu seperti tahun, bulan, minggu, hari, dan jam
|
Metode
:
- Ceramah
- Tanya jawab
-Tugas
Materi
:
Satuan
waktu
|
- Tutor
memper-kenalkan nama-nama bulan dan jumlah hari da-lam satu bulan
- Tutor
memper-kenalkan jumlah bulan dalam satu tahun, jumlah hari dalam satu minggu,
jumlah jam dalam satu hari
- Warga belajar mengerjakan
tugas
|
Lampiran 7
FOTO
KEGIATAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL
Lampiran 8
IDENTITAS WARGA BELAJAR YANG LULUS
Nama
: ……………………………………
Tanggal
Lahir : ……………………………………
Tempat
Lahir : ……………………………………
Umur : ……………………………………
Jenis
Kelamin : Laki / Perempuan
Alamat : ……………………………………
……………………………………
Status
dalam Keluarga :
1. Suami
4. Orang tua
|
2. Istri
5. Lain-lain
|
3. Anak
|
Status
Perkawinan :
1. Kawin
|
2. Tidak Kawin
|
3. Duda / Janda
|
Pekerjaan : ……………………………………
Keterampilan
yang dimiliki : ……………………………………
Comments